Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

DCC PLN Berperan Aktif Pastikan Operasi Sistem Kelistrikan Tetap Andal

Manager Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D) Bali Munawir Hakim bersama petugas siaga WWF sedang memonitor operasi sistem kelistrikan di Ruang Distribution Control Center (DCC) UP2D Bali. (foto/hms)

Denpasar, PorosBali.com- Perhelatan internasional World Water Forum (WWF) ke-10 tahun 2024 tak lepas dari peran PLN sebagai penyedia pasokan listriknya. Andil PLN untuk menyokong keandalan listrik pada event ini salah satunya dilakukan dengan mengoperasikan fungsi distribution control center (DCC) yang dimiliki.

“Pengoperasian DCC dengan teknologi yang canggih merupakan upaya PLN mendukung WWF ke-10 2024 untuk memastikan kualitas pasokan listrik terjaga terus keandalannya,” terang I Wayan Udayana, General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Bali.

DCC PLN adalah pusat pengendalian sistem kelistrikan berbasis digital yang bertanggung jawab atas manajemen dan pengawasan sistem penyaluran energi listrik. DCC merupakan komponen kunci dalam sistem penyediaan energi listrik yang andal dan efisien, dan berperan penting dalam menjaga ketersediaan listrik yang stabil untuk pelanggan.

“Tugas utama DCC meliputi pengendalian operasional yang bertanggung jawab untuk mengontrol dan mengelola aliran energi listrik dalam jaringan distribusi untuk memastikan bahwa permintaan energi dapat dipenuhi dan jaringan tetap beroperasi secara efisien,” jelas Udayana.

Tak hanya itu, tugasnya juga untuk pemantauan kondisi jaringan distribusi secara berkelanjutan menggunakan sistem pemantauan canggih, seperti sistem Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA), untuk mendeteksi gangguan, memantau beban, dan memprediksi masalah yang mungkin timbul.

Baca Juga: Siaga Penuh Kawal WWF Ke – 10 Tahun 2024, PLN Terjunkan Srikandi PLN

Tugas lainnya sebagai manajemen beban listrik mengatur distribusi energi listrik untuk memastikan bahwa beban di seluruh jaringan terdistribusi secara merata dan tidak melebihi kapasitas maksimum yang dapat ditangani oleh sistem. DCC juga berperan dalam perencanaan dan penjadwalan pemeliharaan rutin serta perbaikan pada infrastruktur jaringan distribusi untuk memastikan keandalan sistem.

“Adanya DCC Mobile yang ditempatkan langsung di lokasi kegiatan memudahkan koordinasi sehingga lebih efektif dan efisien, karena Keputusan dapat diambil segera sehingga keandalan pasokan listrik makin terjamin,” terang Udayana.

DCC Mobile ini terhubung dengan peralatan pendukung keandalan listrik di lapangan dan dilengkapi dengan human machine interface sebagai alat komunikasi dengan infrastruktur tersebut. “Tentunya teknologi ini merupakan inovasi PLN untuk siaga kelistrikan pada event berskala besar seperti WWF ke-10 ini yang membutuhkan listrik dengan keandalan yang tinggi,” ucap Udayana.

Terakhir, Udayana berharap, dengan adanya DCC ini dan personel yang cakap dan kompeten yang bertugas di DCC, keandalan listrik untuk mendukung berbagai event di Bali dapat terus meningkat. (pbm6)


TAGS :

Komentar