Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Kapolda Golose: "Jangan hanya pakai masker, tanpa helm"

Kapolda Bali Irjel Pol, Petrus Reinhard Golose pantau situasi di pelabuhan Gilimanuk

Jembrana, Porosbali.com- Arus mudik tahun ini memang jauh menurun dibanding tahun lalu akibat adanya larangan mudik saat wabah pandemic covid-19 ini. Namun demikian antisipasi arus balik pasca Lebaran tetap harus dilakukan guna menekan seminimal mungkin penuklaran virus covid-19 di Bali.Penegasan itu disampaikan Kapolda Bali Irjel Pol, Petrus Reinhard Golose, saat melakukan pemantaan di pelabuhan Gilimanuk, Jumat (22/5).

Kapolda Irjel Pol, Petrus Reinhard Golose, yang pada Kamis (21/5) batal datang karena cuaca buruk, tiba di Gilimanuk dengan menggunakan helikopter sekitar pukul 12.40. lokasi pertama yang dikunjungi yakni pos pentau di pintu masuk pelabuhan didampingin Bupati Jembrana I Putu Artha, Dir Lantas Polda Bali Kombes Pol. Wisnu Putra, Dansat Brimob Polda Bali Kombes Pol Ardiansyah Daulay dan pejabat utama Polda Bali lainya, Kapolres Jembrana AKBP Ketut Gede Adi Wibawa. Dandim 16/17 Jembrana Letkol Kav Djefry Marsono Hanok. Setelah mengecak pos pantau Kapolda kemudian menuju posko terpadu di ruang ASDP.

Usai menantau pelabuhan Gilimanuk, Kapolda Irjel Pol, Petrus Reinhard Golosem mengatakan, samp;ai saat ini arua penyebrangan keluar Bali jauh menurun disbanding tahun lalu. Penurunya mencapai 80 persen sebagai dampak adanya larangan mudik akibat wabah covid-19.

“Sampai saat ini semuanya masih bisa dikontrol di Gilimanuk ini,” ujarnya.

Kapolda juga menyampaikan terimakasih kepada masyarakat Bali atas kesadaran menjaga Bali, menjaga kesehatan dan mematuhi protokol serta imbauan pemerintah terkait covid-9.

“Kita tidak sempurna dalam melakukan penjagaan. Tetapi sampai sekarang tidak ada efek yang signifikan akibat dari penyebrangan. Petugas penyebrangan dan seteakholder sudah bekerjasama dengan ba9uik dalam melakukan pengawasan,” ungkapnya.

Meski arus penumpang ke Jawa menurun, namun arus balik pasca lebaran tetap harus diantisipasi. Selain menambhan personil dengan BKO 2 pleton Sabhara dan 2 pleton Brimob Polda Bali, guna mengantisipasi arus balik pejabat utama juga ditempatkan di Gilimanuk untuk mem backup Kapolres. Saya tugaskan pejabat utama yakni Dirlantas, Dir Sabhara serta dansat Brimob bersama personilntya untuk mem back up Kapolres Kita lihat lebih banyak polisi dan tentara dari yang mudik,” ungkapnya.

Bagi warga yang akan kembali ke Bali, lanjut Kapolda akan dilakukan pengecekan dengan ketat. Mereka harus benar-benar harus memenuhi persyaratan sesuai ditentukan serta sesuai protokol covid-19. Antisipasi ini sangat pentinga karena hasil pengamatan dunia Bali bisa melaksanakan yang terbaik dalam presentasi antara tingkat kematian dari jumlah yang terpapar covid 19

. “Sadarilah Bali ini perlu dijaga. Boleh saya katakan akibat kecelakaan lalulintas mengakibatkan kematian lebih banyak dibanding yang kena covid-19. Yang kena covid-19 meninggal hanya 4 orang tetapi yang lakalantas meninggal 173. Saya himbau pakai masker dan juga pakai helm jika mengunakan sepeda motor, jangan hanya pakai masker tanpa helm,” ujarnya (Pbm1)


TAGS :

Komentar