Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Bali-Banyuwangi Koordinasi Kendalikan Penyebaran Covid-19

Sekda Prov. Bali Dewa Made Indra bersama gugus tugas Jembrana berkoordinasi dengan ASDP Ketapang

Jembrana, Porosbali.com-Antisipasi masuknya warga pendatang yang balik ke Bali usai Lebaran tidak bisa dilakukan hanya oleh Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 Bali.

Sebagai daerah yang menjadi pintu masuk Bali, banyuwangi dengan pelabuhan Ketapang nya juga diminta ikut melakukan antisipasi.

Sekda Provinsi Bali I Dewa Made Indra yang juga sebagai Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Bali, Senin (25/5) usai berkoordonadi dengan ASDP Ketapang, menyampaikan tujuan gugus tugas provinsi hadir guna meningkatkan koordinasi teknis terhadap surat edara Dirjen Perhubungan Darat dan juga Surat Gubernur Bali tentang pengendalian perjalanan orang, yakni tentang syarat yang harus dilengkapi bagi setiap orang yang melakukan perjalanan ke Bali.

Selain itu juga bertujuan dan pekerjaan yang jelas dan didukung dengan surat keterang orang tersebut dinyatakan bebas covid-19 berbasis rapid test.

“Tadi kita sudah koordinasikan bersama unsur-unsur yang terlibat dilapangan, tentang bagaimana mekanisme dalam pemeriksaan, siapa yang nantinya memeriksa, bagaimana tahapan pemeriksaannya dan jika terdapat masalah bagaimana mekanisme koordinasinya yang bertugas di pelabuhan ketapang dan gilimanuk. Dan dalam koordinasi sudah mencapai kesepatan bersama, bahwa kebijakan ini tujuannya adalah untuk bersama-sama melakukan pengendalian penyebaran covid-19 di seluruh Indonesia, dan tidak hanya di Bali,” ucapnya.

Dewa Indra juga menyampaikan koordinasi ini menjadi dasar terbangunnya kesepakatan bersama baik dari Gugus Tugas Provinsi Bali dengan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi.

Kedua daerah juga memilik visi, misi dan tujuan yang sama, sehingga perlu tercapai kesepakatan bersama guna melakukan langkah-langkah bersama.

Terkait aspek teknis, persoalan- persoalan yang akan terjadi di lapangan, sudah kita diskusikan termasuk kemungkinan untuk menempatkan personil dari pemerintah provinsi Bali khususnya dari dinas perhubungan, satpol PP dan dinas kominfo Bali, untuk kami tepatkan di pelabuhan ketapang dan seputarannya.

“Tujuannya untuk ikut serta bersama gugus tugas di Banyuwangi untuk melakukan screening pada setiap orang yang akan melakukan perjalanan ke Bali termasuk juga untuk memberikan informasi ke gilimanuk, jika terdapat persoalan-persoalan yang terjadi di ketapang, gugus tugas yang terdapat di gilimanuk sudah mengantisipasinya, contohnya dengan mempersiapkan rapid test dan lain-lainnya di pelabuhan gilimanuk, hal tersebut sudah kita bangun kesepakatan bersama,” tegasnya. (Pbm1)


TAGS :

Komentar