Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Rai Mantra Harap Kembalikan Pemahaman Masyarakat akan Fungsi Sungai

Komunitas Peduli Sungai (KPS) Kota Denpasar sebagai garda terdepan kelestarian sungai di Kota Denpasar resmi dilantik oleh Walikota Denpasar, I.B Rai Dharmawijaya Mantra pada Rabu (10/2)

Denpasar, PorosBali.com- Keberadaan sungai sebagai penopang sendi kehidupan masyarakat telah beralih beberapa waktu belakangan seiring dengan perubahan pola hidup masyarakat. Keberadaan komunitas masyarakat menjadi ujung tombak dalam menjaga kebersihan dan kelestarian wilayah sungai yang tentunya bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

Komunitas Peduli Sungai (KPS) Kota Denpasar sebagai garda terdepan kelestarian sungai di Kota Denpasar resmi dilantik oleh Walikota Denpasar, I.B Rai Dharmawijaya Mantra pada Rabu (10/2). Namun, ditengah Pandemi Covid-19 seluruh prosesi pelantikan dilaksanakan secara virtual dengan tetap memperhatikan protokol Kesehatan.

Dalam kesempatan tersebut, selain Walikota Denpasar, juga hadir Kepala Badan Wilayah Sungai (BWS) Bali Penida, Maryadi Utama, Ketua Majelis Madya Desa Adat Kota Denpasar, AA. Ketut Sudiana, Kepala Dinas PU Kota Denpasar, Nyoman Ngurah Jimmy Sidharta, Kadis DPMD, I.B Alit Wiradhana, serta Ketua Komunitas Peduli Sungai (KPS) Kota Denpasar Terpilih, I.B Anom Parwata.

Walikota Denpasar, I.B Rai Dharmawijaya Mantra mengucapkan selamat bertugas kepada ketua serta seluruh anggota KPS Kota Denpasar. “Semoga kehadiran KPS Kota Denpasar dapat berperan nyata untuk mengembalikan pemahaman masyarakat mengenai fungsi wilayah sungai dalam menopang kehidupan masyarakat. “Bila kebersihan dan kelestarian aliran sungai terjaga hingga bermuara kelautan akan sanggup menghidupi masyarakat,” kata Rai Mantra.

“Keberadaan KPS dalam mengedukasi masyarakat mulai ditingkat Desa/Kelurahan di Kota Denpasar akan menjadi garda terdepan dalam mengembalikan fungsi sungai yang tentu saja akan memberikan manfaat bagi masyarakat” tegas Rai Mantra.

Sementara Ketua KPS Kota Denpasar terpilih, I.B Anom Parwata mengatakan bahwa keberadaan KPS Kota Denpasar digawangi oleh sekumpulan orang- orang yang peduli terhadap lingkungan dan sungai dimana terdiri dari perwakilan yang ada di setiap Desa dan Kelurahan. “Adapun tujuan kami adalah mensosialisasikan kebersihan lingkungan dan sungai, edukasi masyarakat yang ada di bantaran sungai agar tidak membuang sampah ke sungai, melestarikan keberadaan sungai, menggali potensi dan berinovasi,dan bekerja sama dengan baik dengan masyarakat, petani, desa adat,pekaseh, subak dan desa dinas yang mewilayahi” ujarnya.

“Kami telah menginventarisir keberadaan sungai melalui kunjungan langsung melalui relawan, mensosialisasikan dan mengidentifikasikan permasalahan terkait sungai di Kota Denpasar dan mencarikan solusinya dengan tetap bermusyawarah dan berkoordinasi dengan pihak terkait. Semoga upaya kami ini dapat mengembalikan fungsi sungai untuk kesejahteraan masyarakat di Kota Denpasar” ucapnya.(Pbm2)


TAGS :

Komentar