Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Jaga Ketahanan Pangan, Desa Peguyangan Kaja Laksanakan Program Padat Karya Tunai

Pelaksanaan program Padat Karya Tunai Desa Peguyangan Kaja

Denpasar, PorosBali.com- Pandemi covid-19 sangat berdampak terhadap perekonomian masyarakat. Di sisi lain masyarakat harus bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi covid-19 ini, Pemerintah Desa Peguyangan Kaja melaksanakan program Padat Karya Tunai (PKT) secara swakelola bagi warga setempat bertema 'Ketahanan Pangan Desa'

Program Padat Karya Tunai yang dilaksanakan kali ini berupa penanaman bibit tanaman sayuran di lahan pertanian seoarang warga di Banjar Ben Biu, desa setempat. Kegiatan PKT ini dilaksanakan dalam upaya menjaga ketahanan pangan masyarakat di masa pandemi covid-19.

"Kami mengajak masyarakat agar tetap semangat di masa masa sulit pandemi ini. Dengan kegiatan program Padat Karya Tunai, kami harapkan masyarakat dapat memenuhi kebutuhan pangan. Ini merupakan bagian dari upaya menjaga ketahanan pangan di masa pandemi," ujar Perbekel Desa Peguyangan Kaja I Made Parmita, saat mengikuti program PKT, Minggu (3/10/2021) pagi. 

Lanjut Parmita, program padat karya tunai dilaksanakan dengan tujuan agar nantinya memberikan tambahan penghasilan bagi masyarakat Desa Peguyangan Kaja. 

Menurutnya, kegiatan ini dipioritaskan untuk penanganan dampak pandemi covid 19. Maka dari itu program Padat Karya Tunai ini diwujudkan melalui ketahanan pangan penanaman bibit tanaman sayuran.

Camat Denpasar Utara Nyoman Lodra yang hadir pada kesempatan tersebut memberi apresiasi program Padat Karya Tunai ini.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, karena situasi pandemi menuntut kita semua untuk bisa bertahan. Saya optimis dengan pemberdayaan masyarakat melalui program PKT nantinya masyarakat dapat memenuhi kebutuhan pangan. Apalagi bisa menjadi tambahan pendapatan," kata Nyoman Lodra.

Hal senada disampaikan tokoh masyarakat Desa Peguyangan Kaja Wayan Sutama. Ia sangat mendukung program desa yang memberdayakan masyarakat seperti ini. Konsep pemberdayaan masyarakat, imbuh Sutama, mempercepat pencapaian tujuan yang ingin dicapai karena semuanya bertujuan untuk kepentingan masyarakat.

"Masyarakat mesti diberdayakan. Program Padat Karya Tunai sangat bermanfaat bagi masyarakat. Ini merupakan cerminan merealisasikan aspirasi masyarakat," jelas Sutama, yang juga anggota DPRD Kota Denpasar dari Fraksi PDI Perjuangan.

Proses program Padat Karya Tunai Desa Peguyangan Kaja ini diawali dengan pembersihan lahan, pengolahan dan penanaman.  Untuk pemeliharaan akan dilakukan oleh warga yang tergabung dalam program Padat Karya Tunai.

Untuk hasil panen, akan dibagi kepada warga yang tergabung dalam kelompok padat karya tunai, dan warga yang membutuhkan.

Dengan adanya kegiatan seperti ini Pemerintah Desa Peguyangan Kaja berharap bisa membantu perekonomian warga dan memberikan motivasi masyarakat agar tetap produktif di masa pandemi Covid 19. Selain itu, Untuk mendapat tambahan penghasilan juga mengharapkan semua warga bisa memanfaatkan lahan pekarangan rumahnya masing-masing lebih produktif. (Pbm2)


TAGS :

Komentar