Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Capacity Building BI Bali, Tingkatkan Pemahaman tentang Berita Ekonomi kepada Masyarakat

Kepala KPwBI Provinsi Bali, Trisno Nugroho (tengah)

Buleleng, PorosBali.com- Kantor Perwakilan Bank Indonesia  (KPwBI) Provinsi Bali menyelenggarakan Capacity Building 2021 di Buleleng. Kegiatan dalam bentuk gathering media yang melibatkan 31 media, meliputi nasional dan lokal, baik cetak, elektronik maupun online ini dimaksudkan untuk menambah wawasan para insan pers khususnya terkait berita ekonomi yang menyangkut kebijakan KPwBI Provinsi Bali. 

"Kami memandang penting peran media terhadap penyampaian informasi ke masyarakat terkait kebijakan, tugas dan fungsi pokok Bank Indonesia. Harapan kami informasi itu tersampaikan dengan benar," ujar Kepala KPwBI Provinsi Bali Trisno Nugroho, dalam sambutannya pada pembukaan Capacity Building 2021 di kawasan Lovina, (7/10/2021).

Lanjut Trisno, tugas utama Bank Indonesia diantaranya menjaga nilai tukar rupiah agar stabil dan menjaga stabilitas moneter harus tersampaikan kepada masyarakat dengan diksi dan bahasa yang mudah dipahami.

"Jika masyarakat memahami kata dan data yang disajikan dalam bentuk berita, diharapkan tidak ada salah penafsiran nantinya," kata Trisno seraya berharap kegiatan ini dapat menambah wawasan para insan pers dalam penulisan berita yang akan disampaikan kepada masyarakat.

Dalam kegiatan Capacity Building 2021 ini KPwBI Provinsi Bali menghadirkan dua narasumber dari kalangan media, yakni Kepala LKBN Antara Provinsi Bali Edy M. Yakub, yang menyampaikan materi pengelolaan isu terkait ekonomi dalam pemberitaan. Edy mengungkapkan ada lima tahapan manajemen isu, yakni identifikasi isu, analisa isu, strategi respons, aksi/kebijakan sesuai strategi dan evaluasi. Untuk itu seorang wartawan harus cerdas mengelola isu menjadi berita. Dan yang terpenting menurutnya adalah harus ada solusi dari sebuah isu berita yang disampaikan. Ia mencontohkan Gunung Agung meletus beberapa waktu lalu. Sebaiknya berita yang disampaikan juga menyangkut penanganan bencana dan pemulihan ekonomi masyarakat.

Sementara Kepala Perwakilan Media Bisnis Indonesia Provinsi Bali, Feri Kristianto menyampaikan materi tentang membaca dan membahasakan data Bank Indonesia. Dalam paparannya, Feri mengatakan wartawan ekonomi harus bisa dan paham membaca data yang disajikan oleh Bank Indonesia sehingga dengan mudah dapat membahasakannya ke dalam sebuah berita.

Kegiatan yang berlangsung mulai 7 hingga 9 Oktober 2021 ini tetap dengan disiplin penerapan protokol kesehatan. (Pbm2)

 

 

 

 

 


TAGS :

Komentar