Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Kapolresta Denpasar Pantau Pemotongan Bersyarat Ternak Sapi Terinfeksi PMK

Kapolresta Denpasar Kombes Pol. Bambang Yugo Pamungkas Bersama dengan Dandim 1611/Badung Kolonel  Inf Dody Triyo Hadi saat memantau pemotongan bersyarat ternak sapi terinfeksi PMK

Denpasar, PorosBali.com- Kapolresta Denpasar Kombes Pol. Bambang Yugo Pamungkas Bersama dengan Dandim 1611/Badung Kolonel  Inf Dody Triyo Hadi dan Kasi Ops Korem 163 Wirasatya melakukan pemantau Pemotongan sapi bersyarat terhadap ternak sapi yang terinfeksi PMK (penyakit mulut dan kaki). 

Kegiatan ini berlangsung di kandang milik peternak dari Kelurahan Seminyak sedangkan lokasi pemotongan berada di Banjar Mergaya, Desa Pemecutan Kelod Denpasar Barat. Jumat (15/7/22) 

Pemotongan hewan bersyarat ini sesuai dengan prosedur yaitu dilakukan di tempat hewan itu berada, dipisahkan dengan hewan lain dan sudah melalui pemeriksaan Dokter hewan berwenang dimana saat pemotongan memperhatikan keselamatan petugas pemotongan dan lingkungan sekitar. 

Adapun sapi yang terinfeksi PMK sejumlah 63 ekor dari tiga milik tiga peternakan dan yang dipotong hari ini sebanyak 10 ekor sedangkan sisanya akan dipotong secara bertahap sedangkan tukang potong tetap mengenakan APD dan yang ditunjuk oleh Dinas Peternakan Kota Denpasar, itu pun merupakan hasil kesepakatan dengan pemilik ternak. 

Untuk bagian dari Sapi yang bisa menyebarkan penyakit seperti kaki, kepala dan organ dalam di kubur di tempat pemotongan tersebut sesuai dengan SOP pemotongan bersyarat sedangkan daging sapi akan di bawa ke penyimpanan pembekuan daging di Benoa. 

Kapolresta Denpasar mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai upaya mencegah virusnya menginfeksi hewan ternak lainnya dan memutuskan rantai penularan PMK yang sedang mewabah. 

"Kami melakukan pengecekan dan memastikan ternak sapi yang terinfeksi PMK wilayah Denpasar di potong sesuai prosedur pemotongan hewan bersyarat," Ujur Kapolresta. 

Ditambahkan Kapolresta bahwa saat ini Polresta dan jajaran sudah secara intensif berkoordinasi dengan instansi terkait dalam upaya pencegahan wabah PMK salah satunya dengan melakukan pendampingan pelaksanaan Vaksinasi hewan ternak di wilayah hukum Polresta Denpasar. (Pbm4)


TAGS :

Komentar