Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Jangan Malas, Ini 6 Dampak Positif Pentingnya Mencuci Piring Setelah Digunakan

Promo sabun cuci piring di Blibli

PorosBali.com- Apakah Anda adalah orang yang langsung segera mencuci piring atau membersihkan setelah menggunakannya, atau sebaliknya? Tidak langsung mencucinya setelah makan. Disadari atau tidak, langsung mencuci piring dengan segera setelah makan ternyata bisa menjaga kesehatan tubuh. Setidaknya ada lima dampak positif langsung mencuci piring setelah makan. Selain membuat dapur lebih bersih, rumah Anda juga bisa menjadi lebih sehat. Untuk urusan membeli sabun cuci piring, Anda bisa memanfaatkan promo sabun cuci piring yang ada di Blibli.

Satu hal yang bisa menjadi masalah adalah ketika sudah selesai makan tidak langsung mencuci piring dan membersihkan peralatan dapur dengan sabun cuci piring setelah digunakan. Padahal hal ini bisa berefek tidak baik. Apa saja dampak dampak positif pentingnya mencuci piring setelah digunakan? Berikut ulasannya untuk Anda.

 

1. Lebih Hemat Waktu dan Tenaga
Saat Anda langsung mencuci dan membersihkan piring setelah makan, hal ini akan membuat Anda lebih menghemat waktu dan tenaga, karena biasanya proses mencuci piring bisa lebih mudah. Anda juga tidak perlu lagi menggosok sisa makanan dan minyak yang menempel di piring dan menguras banyak tenaga untuk membersihkanya.
Sebab, jika Anda mencuci piring sesaat setelah menggunakannya, kotoran dan sisa makanan di piring yang dapat hilang dengan mudah karena belum mengeras. Jika tidak langsung dicuci, maka Anda akan menghabiskan waktu lebih banyak untuk membersihkan dan menggosok apa yang mungkin tadinya bisa dibersihkan dengan cepat.


2. Lebih Hemat Air dan Sabun Cuci
Membersihkan piring dengan kotoran dan sisa makanan yang sudah menempel terlalu lama dan mengeras, membutuhkan air yang lebih banyak jika dibandingkan dengan Anda langsung mencucinya. Dengan mencuci piring segera setelah makan, maka Anda telah menghemat air dan sabun cuci piring secara tidak langsung. Hal ini tentu saja akan mengurangi jumlah pengeluaran dan tagihan air Anda dalam sebulan. Jika tidak piring kotor tidak langsung dicuci, kotoran akan mengeras dan membuat tidak hemat air, tidak hemat energi dan sabun yang dikeluarkan pun berlebih.


3. Dapur Akan Selalu Bersih
Dapur memang harus terlihat selalu bersih sebab ini adalah tempat utama bagi perempuan untuk memasak, menyiapkan makanan dan menuangkan segala kreativitasnya untuk menciptakan menu hidangan yang baru. Hal ini tentu akan sulit terjadi bila dapur Anda jorok dan kotor. Setiap saat ada saja piring-piring kotor yang bertumpuk di tempat cuci piring. Apalagi jika bak cuci piring berukuran kecil sehingga jika ada beberapa piring kotor saja bak akan langsung terlihat penuh.
Nah, begitu bak cuci piring penuh dapur tentu akan langsung terlihat berantakan.Terlebih jika tak hanya piring kotor, tapi juga peralakan masak  menumpuk dimana-mana. Meski mungkin kadang Anda merasa terlalu malas atau lelah untuk mencuci piring segera setelah makan, ada baiknya jika kebiasaan ini tidak berlanjut, karena akibatnya bisa fatal.


4. Membuat Pekerjaan Lebih Mudah
Semakin lama Anda menunda tugas cuci piring, maka akan semakin berat pekerjaan Anda nantinya. Jika Anda punya waktu yang terbatas atau benar-benar tidak punya waktu, setidaknya Anda mencuci peralatan makan yang tergolong paling mudah lebih dulu seperti sendok, gelas, dan sisanya bisa dicuci nanti. Selain bisa mengurangi pemandangan yang tidak enak di dapur, pekerjaan Anda nantinya akan bisa lebih mudah bukan?


5. Lebih Baik untuk Kesehatan
Meski terlihat sepele, namun jika Anda membiarkan piring-piring kotor penuh kuman bertumpuk di tempat cucian dalam jangka waktu yang lama, hal itu benar-benar tidak baik untuk kesehatan. Bisa Anda bayangkan berapa banyak kuman dan bakteri yang bisa berkembang di permukaan piring kotor akibat sisa makanan yang menempel? Jika bakteri bertebaran di rumah, maka kemungkinan besar bakteri dan kuman bisa tersebar ke semua penghuni rumah. Bila bakteri dan kuman yang jahat menyerang orang yang  sakit atau kondisi imun yang lemah, akibatnya bisa fatal.


6. Membuat Mood Lebih Baik
Jika Anda termasuk orang yang kerap menerima tamu, tentunya mempunyai dapur yang bersih, rapi dan bebas dari piring kotor, dapat memberi kesan bahwa Anda adalah orang yang pandai menjaga kebersihan dan kesehatan. Jika Anda tidak sering menerima tamu pun, mempunyai dapur yang rapi dan bersih bisa membuat mood-Anda setiap hari menjadi lebih baik, lho.
Percaya atau tidak, melihat sesuatu yang rapi dan bersih akan mampu meningkatkan mood dan produktivitas seseorang. Satu hal ini mudah dilakukan tapi cukup berdampak besar. Jadi ingat, sesibuk apapun Anda, sebaiknya Anda langsung mencuci piring kotor dan peralatan dapur lainnya. Tidak ada untungnya menunda-nunda pekerjaan dan lebih baik langsung dicuci setelah makan!
 
Itulah 6 dampak positif pentingan langsung mencuci piring setelah makan. Yuk, bikin kegiatan cuci piring jadi mudah dengan banyak pilihan sabun cuci piring dari berbagai merek di Blibli. Anda bisa mendapatkan berbagai promo saat membeli sabun cuci piring hanya di Blibli.com. Situs belanja yang satu ini juga menawarkan Anda berbagai produk rumah tangga serta masih banyak lagi produk-produk lainnya yang terlengkap dari beragai brand. Selamat berbelanja! (*)
 


TAGS :

Komentar