Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Wawali Arya Wibawa Buka Lomba Barong Ket dan Mekendang Tunggal

Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa bersama Sekda Kota Denpasar, IB Alit Wiradana didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Denpasar, I Made Toya dan Kadisbud Kota Denpasar, Raka Purwantara dengan Nyolahang Punggelan Barong di Dharma Negara Alaya, Kota Denpasar, Kamis (20/10) sore dan akan berlangsung hingga 22 Oktober mendatang.

Denpasar, PorosBali.com-  Pemkot Denpasar melalui Dinas Kebudayaan kembali menggelar Lomba Tari Bapang Barong Ket dan Mekendang Tunggal Remaja. Kegiatan sebagai upaya menjaring bibit-bibit seniman Tari Barong Ket dan Mekendang Tunggal Remaja di Kota Denpasar ini dibuka langsung Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa bersama Sekda Kota Denpasar, IB Alit Wiradana didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Denpasar, I Made Toya dan Kadisbud Kota Denpasar, Raka Purwantara dengan Nyolahang Punggelan Barong di Dharma Negara Alaya, Kota Denpasar, Kamis (20/10) sore dan akan berlangsung hingga 22 Oktober mendatang.

Di sela-sela kegiatan, Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa mengatakan, Tari Bapang Barong Ket dan Mekendang Tunggal di era sekarang ini sangat digandrungi oleh generasi muda di seluruh Bali termasuk Denpasar. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya generasi muda yang piawai memainkan kendang dan bapang barong.

Karenanya, kata Arya Wibawa, Pemerintah Kota Denpasar kembali menggelar Lomba Tari Barong Ket dan Mekendang Tunggal guna memberikan pembinaan dan pengembangan sekaligus pelestarian sebuah kesenian sakral khususnya tari barong yang ada di Kota Denpasar. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada para generasi muda menujukkan tehniknya serta memanfaatkan olah kreativitas tangan dalam permainan kendang.

Lebih lanjut dijelaskan, melalui pelaksanaan kegiatan ini, diharapkan anak muda Kota Denpasar tidak berhenti kreativitas. Lomba ini dapat menjadi program padat karya berbasis seni budaya dan kreativitas. Arya Wibawa juga mengapresiasi antusiasme peserta dalam mengikuti kegiatan ini.

“Dari kegiatan ini nantinya diharapkan dapat memberikan pembinaan dan pengembangan sekaligus pelestarian, serta muncul bibit-bibit penari Barong Ket dan pemain kendang yang andal, serta dikemudian hari akan berguna untuk kelangsungan perjalanan kesenian sakral yang ada di Kota Denpasar, termasuk pelaksanaan Pesta Kesenian Bali,” imbuhnya. (Pbm2)


TAGS :

Komentar