Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Baha, Mahasiswa Unmas Denpasar Gelar Peduli Lingkungan

Penyerahan bibit tanaman Bunga Sandat kepada Perbekel Desa Baha di Pura Desa Baha. (Foto/mhs)

Badung, PorosBali.com- Mahasiswa Universitas Mahasaraswati Denpasar mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Baha, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung,  pada tanggal 26 Maret, 1 dan 2. April 2023. 

 

Kegiatan pengabdian masyarakat yang proses persiapannya sejak 17 Maret tersebut dilaksanakan dengan melibatkan beberapa elemen masyarakat yaitu Ibu-ibu PKK, Puskesmas Pembantu, Perangkat Desa dan masyarakat lainnya.

 

Berbagai kegiatan dilaksanakan meliputi aksi peduli lingkungan berupa penghijauan di beberapa pura, bersih-bersih lingkungan terkait pemberantasan sarang nyamuk, serta pelatihan penataan rambut dalam upacara keagamaan termasuk memberikan pemahaman mengenai kreatifitas khususnya sanggul Bali kepada ibu-ibu PKK.

Baca juga: Ketua TP PKK Provinsi Bali Sosialisasikan Cegah Penyakit dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Koordinator Mahasiswa, Ni Kadek Dwi Wahyuni mengatakan kegiatan pengabdian ini dilaksanakan melalui empat tahapan yaitu Tahap Observasi pada tanggal 17 dan 27 Maret 2023. "Dalam tahap ini kami mencari informasi dan permasalahan dengan cara terjun langsung ke lokasi dengan tujuan memperoleh informasi tersebut secara langsung dari  Bendesa adat Desa Baha, Kantor Desa Baha, Puskesmas Pembantu Desa Baha," jelas Yuni, sapaan Kadek Dwi Wahyuni.

Kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). (Foto/mhs)

Berikutnya, kata Yuni, ada Tahap Persiapan pada tanggal 8 sampai 16 Maret. Tahapan ini merupakan pematangan atas program kerja yang akan dilakukan. Persiapan dilakukan dengan berdiskusi bersama tim untuk mempersiapkan bahan-bahan dan alat -alat yang akan digunakan dalam melaksanakan program kerja Pengabdian Kepada  Masyarakat Desa Baha dengan Melaksanakan Kegiatan Peduli Lingkungan dan Pengembangan Kreativitas PKK Desa Baha.  

 

Sementara Tahap Pelaksanaan dan Pendampingan dilaksanakan pada tanggal 26 Maret, 1 dan 3 April.

Dikatakannya, dalam tahapan ini mahasiswa melaksanakan penghijauan di Pura Dalem dan Pura Desa Baha dengan menanam tanaman bunga sandat yang bertujuan agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Desa Baha untuk kegiatan persembahyangan.

Selain itu, mahasiswa juga mengadakan pelatihan tata rias sanggul Bali untuk mengasah dan mengembangkan skill  seluruh PKK Desa Baha.

"Bersama juru pemantauan jentik (JUMANTIK), kami juga melaksanakan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) ke rumah warga guna meningkatkan peran keluarga dan masyarakat dalam pencegahan dan pengendalian DBD melalui pembudayaan PSN 3M Plus," terang Yuni.

 

Terakhir ada Tahap Evaluasi yaitu

melakukan evaluasi terhadap berlangsungnya pelaksanaan kegiatan, sehingga kedepannya hasil kinerja kegiatan yang belum maksimal agar dapat berjalan lebih maksimal.

Kegiatan pelatihan sanggul Bali (foto/mhs)

Perbekel Desa Baha, I Wayan Rusih memberi apresiasi kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh Mahasiswa Universitas Mahasaraswati Denpasar. Alasannya, kegiatan ini sangat bermanfaat dan dapat memotivasi masyarakat Desa Baha. 

"Kami sangat mendukung kegiatan pengabdian ini karena sangat bermanfaat untuk warga dan kemajuan Desa Baha. Semoga kegiatan seperti bisa berlanjut sehingga dapat mendukung program kerja desa kami," jelasnya.  

Baca juga: Mohon Kerahayuan Jagat Bali, Wagub Cok Ace 'Ngaturang Bhakti' di Pura Luhur Pucak Petali

Ia pun menyebut dukungan Desa Baha dan Desa Adat Baha terhadap kegiatan pengabdian ini yaitu Bendesa Adat Desa Baha yang mendukung penuh kegiatan penanahan bunga sandat di beberapa Pura Desa Baha, Ketua PKK Desa Baha sangat mendukung program kerja Pelatihan Tata Rias Sanggul Bali karena sangat bermanfaat kedepannya bagi Ibu PKK. Kantor Desa Baha, khususnya bagian Perpustakaan yang membantu dan mendukung program kerja tata rias sanggul bali.

Ketua Puskesmas Pembantu Desa Baha dan Koordinator JUMANTIK yang mendukung kegiatan ini guna mencegah adanya penyakit DBD di sekitar lingkungan Desa Baha.

 

Keberhasilan mahasiswa dalam program kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang merupakan realisasi Tri Dharma Perguruan Tinggi Universitas Mahasaraswati Denpasar ini tidak terlepas dari partisipasi masyarakat. Dalam kegiatan ini sebanyak 23 mahasiswa dari Fakultas Ekonomi, Sastra Inggris, FKIP serta Pertanian dan Bisnis terlibat langsung dengan arahan Dosen Pembimbing Ni Luh Putu Mahendra Dewi, S.Si., M.Si. (pbm5*)


TAGS :

Komentar