Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Sekda Adi Arnawa Panen Cabai Rawit di Subak Sengempel Desa Bongkasa

Sekda Adi Arnawa menghadiri sekaligus melaksanakan panen cabai rawit di Subak Sengempel Desa Bongkasa, Kecamatan Abiansemal, Jumat (28/4).

Badung, PorosBali.com-  Mewakili Bupati Badung, Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa menghadiri sekaligus melaksanakan panen cabai rawit di Subak Sengempel Desa Bongkasa, Kecamatan Abiansemal, Jumat (28/4). Turut hadir Kadis Pertanian dan Pangan I Wayan Wijana, Kepala Balitbang I Wayan Suambara, Camat Abiansemal IB Putu Mas Arimbawa, Perbekel Desa Bongkasa dan Pekaseh Subak Sengempel.

Seusai memanen cabai Sekda Adi Arnawa mengatakan, cabai merupakan jenis komoditi pertanian tanaman pangan yang sangat penting dalam kehidupan ekonomi masyarakat maupun dalam perekonomian nasional dan cabai merupakan komoditas hortikultura yang mempengaruhi inflasi. “Tahun lalu di anggaran perubahan APBD tahun 2022 di Kabupaten Badung dilaksanakan kegiatan-kegiatan demonstrasi plot (demplot), yang berlokasi di Subak Sengempel Desa Bongkasa yang bertujuan meningkatkan produksi dan produktivitas dari tanaman cabai, meningkatkan kesejahteraan petani cabai, dan memenuhi kebutuhan cabai di Kabupaten Badung,” jelasnya.

Dikatakan juga, untuk mencapai tujuan pengembangan cabai ini pasti ada kendala seperti adanya risiko dan tingkat kegagalan yang sangat tinggi saat musim hujan yang disebabkan serangan hama penyakit. Kecilnya tingkat modal rata-rata para petani tradisional, tingkat budi daya pada saat musim penghujan yang sangat tinggi memicu meningkatnya harga cabai karena bunga cabai yang rontok sehingga menyebabkan tanaman cabai yang cenderung menurun.

Untuk mengatasi hal tersebut, Pemkab Badung melalui Dinas Pertanian dan Pangan melakukan kegiatan pengembangan tanaman cabai seluas 4 ha dan juga melakukan kegiatan demplot, cabai seluas 1 ha di Subak Sengempel dan tahun 2023 Pemkab Badung melalui Dinas Pertanian dan Pangan juga melaksanakan kegiatan pengembangan cabai seluas 12 ha yang berlokasi di Kecamatan Petang, Mengwi dan Kuta Utara, di samping itu juga dilaksanakan pengembangan bawang merah seluas 1 ha di Kecamatan Mengwi. (pbm2)


TAGS :

Komentar