Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Dua Ribu Paket Sembako PSBI Idul Adha, Rai Wirajaya: 'Bank Indonesia Jaga Toleransi dan Inflasi'

Penyerahan paket sembako PSBI di Wantilan Pura Kahyangan Setra Ageng Desa Adat Peguyangan, Denpasar Utara. (Foto/ist)

Denpasar, PorosBali.com- Anggota Komisi XI DPR RI Daerah Pemilihan Provinsi Bali, I Gusti Agung Rai Wirajaya bersama Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali kembali menyerahkan 2.000 paket sembako Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) terkait Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN).

Kali ini PSBI serangkaian Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah Tahun 2023 yang dilaksanakan di Wantilan Pura Kahyangan Setra Ageng Desa Adat Peguyangan, Kecamatan Denpasar Utara, Kamis (29/6/2023).

Penyerahan 2.000 paket sembako PSBI ini sebagai tindak lanjut dari direalisasikannya proposal permohonan bantuan peringatan Hari Keagamaan dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah dari Lembaga Kajian dan Penelitian Peradah (LKPP) kepada Bank Indonesia melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI). Paket sembako diserahkan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui lembaga/kelompok masyarakat (Pokmas) di wilayah Kota Denpasar, Kabupaten Karangasem, Klungkung dan Buleleng. 

Baca juga: Perayaan Idul Adha, Bank Indonesia sebut Layanan Kas Tutup 28 hingga 30 Juni 2023

Namun pada kesempatan ini secara simbolis diserahkan 1.000 paket  dan sisanya akan diserahkan pada kesempatan lainnya serta dilaksanakan secara door to door kepada masyarakat yang membutuhkan.

Anggota Komisi XI DPR RI, I Gusti Agung Rai Wirajaya tiada henti mengapresiasi peran Bank Indonesia dalam Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali yang sudah berbuat banyak bagi pemulihan perekonomian Bali akibat terdampak pandemi covid-19.

"Bank Indonesia hadir di tengah- tengah masyarakat di seluruh Bali, dengan membagikan sembako. Ini sangat membantu sekaligus memotivasi semangat masyarakat unyuk bangkit," ujar anggota Fraksi PDI Perjuangan ini.

Rai Wirajaya menyebut suatu kebanggaan bisa berkumpul saat perayaan Hari Raya Idul Adha bersama umat muslim. 

"Hari ini kita berkumpul pada Perayaan Hari Raya Idul Adha. Semoga menjadi momen mewujudkan kedamaian dan kebahagiaan," ucap politisi senior yang dikenal  militan partai berlambang kepala banteng ini.

Untuk itu Rai Wirajaya mengatakan penyerahan paket sembako PSBI merupakan upaya menjaga toleransi umat beragama.

"Bank Indonesia turut berupaya mewujudkan kerukunan umat beragama dan toleransi dalam bingkai NKRI. Jadi, Bank Indonesia hadir untuk mewujudkan toleransi antar umat beragama," jelasnya.

Menjelang Pemilu 2024 di Bali, Rai Wirajaya berpesan jangan sampai memecah belah persaudaraan, persatuan dan kesatuan masyarakat. 

"Saya berharap kita bisa wujudkan persatuan menjelang Pemilu 2024 ini. Inimpenting untuk kita bersama demi lancar dan suksesnya Pemilu  tersebut," sambung Rai Wirajaya. 

Selain itu, Rai Wirajaya mengatakan penyerahan paket sembako juga upaya untuk menjaga inflasi tetap terjaga dengan baik. Pasalnya, kini perekonomian Bali sudah mulai menggeliat.

"Tentu kita apresiasi Bank Indonesia. Selain turut mewujudkan toleransi juga menjaga inflasi tetap terkendali," pungkasnya. 

I Gusti Agung Rai Wirajaya dan Trisno Nugroho. (Foto/ist)

 

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho mengatakan meskipun perekonomian terus tumbuh dan tingkat inflasi terkendali, kita masih mengalami beberapa tantangan. Pertama,  bagaimana perekonomian yang kembali pulih tersebut dapat dinikmati secara merata oleh seluruh lapisan masyarakat. Kedua, bagaimana supaya perekonomian yang meningkat tersebut tidak diikuti oleh kenaikan harga barang dan/atau jasa sehingga tetap menjaga daya beli masyarakat. Menyikapi permasalahan sosial dan ekonomi tersebut, Bank Indonesia turut berperan aktif dalam mengatasi hal tersebut melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI).

PSBI merupakan bentuk kepedulian atau empati sosial Bank Indonesia untuk berkontribusi dalam membantu memecahkan masalah sosial ekonomi yang dihadapi masyarakat. Dalam implementasi PSBI, Bank Indonesia mengusung semangat "Dedikasi Untuk Negeri" di seluruh Kantor Perwakilan Bank Indonesia. 

"Kami berkomitmen untuk terus berkontribusi, berempati dan peduli dalam membantu mengatasi permasalahan sosial dan ekonomi di masyarakat yang dapat memberikan nilai bagi negeri dan institusi," ujar Trisno.

Penyerahan PSBI sosial dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1444 Hujriah Tahun 2023, selain dalam rangka pemenuhan kebutuhan sehari-hari juga merupakan salah satu upaya dalam menjaga daya beli masyarakat karena mengingat inflasi di Bali cenderung masih tinggi. Bantuan ini nantinya akan disalurkan kepada warga yang membutuhkan secara bertahap dan diharapkan dapat meringankan beban masyarakat dan memberi motivasi untuk bangkit. 

“Kita bersama-sama menyaksikan penyerahan simbolis berupa 2000 paket sembako dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah Tahun 2023 yang terealisasi berkat dukungan Anggota Komisi XI DPR RI, Bapak I Gusti Agung Rai Wirajaya. Kami berharap agar bantuan yang kami berikan dapat bermanfaat bagi seluruh warga, khususnya untuk meringankan beban masyarakat,” pungkas Trisno Nugroho.

Baca juga: Perayaan Idul Adha 1444 Hijriah di Puspem Badung, Bupati Giri Prasta Serahkan Hewan Kurban

Penyerahan bantuan sembako PSBI dihadiri Ketua Umum Lembaga Kajian dan Penelitian Peradah D.Sures Kumar yang diwakili pengurus, Tokoh Masyarakat Kota Denpasar Anak Agung Istri Paramita Dewi (APD), Bendesa Desa Adat Peguyangan I Ketut Sutama,  Kepala Kelurahan Peguyangan I Gede Sudi Arcana, Penglingsir Puri Peguyangan Anak Agung Ngurah Gede Widiada. 

Selain itu sejumlah Anggota DPRD Kota Denpasar yaitu I Wayan Sutama, I Ketut Suteja Kumara, Luh Putu Mamas Lestari dan I Nyoman Sumardika. Turut hadir pula Tokoh Masyarakat Desa Padangsambian Kaja I Made Kadek Arta, Tokoh Masyarakat Desa Sumerta Klod Ida Ayu Mas Wulandari.

Pada kesempatan ini secara simbolis diserahkan 1.000 paket sembako PSBI kepada lembaga/kelompok masyarakat. Yaitu Lembaga Kajian dan Penelitian Peradah, Yayasan Bhakti Suku Nusantara Denpasar, Dusun Wanasari Desa Dauh Puri Kaja Denpasar Utara, Majelis Ta’lim Ibu-Ibu Wadah Silahturahmi Ubung Denpasar Utara, Taman Pendidikan Al-qur’an Al-hijrah Pemogan Denpasar, Taman Pendidikan Al-qur’an Pemecutan Bungsu Denpasar Selatan, Taman Pendidikan Al-qur’an At-taubah Pedungan Denpasar Selatan, Pengajian Al-ikhlas Banjar Balun Desa Pemecutan Kaja Denpasar, TPQ Al-hijrah Karangsari Padangsambian Kaja Denpasar Barat, Kelompok Muslim & Pengajian Cenggana Sari Denpasar Timur, TPQ Al-mufidah, Desa Sumerta Kelod Denpasar, MT. Darusalamah Denpasar, dan Kelompok Muslim Gatsu Denpasar. (Pbm6)


TAGS :

Komentar