Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Duta Kuta dan Kuta Selatan “Mebarung” pada Lomba Gong Kebyar Dewasa, Disaksikan Kadis Pariwisata

Duta Kecamatan Kuta dan Kuta Selatan pada hari pertama Lomba Gong Kebyar Dewasa serangkaian Festival Seni Budaya (FSB) Kabupaten Badung ke-14 tahun 2023. Duta Kecamatan Kuta diwakili oleh Sekeha Gong Yowana Gita Samudra Desa Adat Kuta.

Badung, PorosBali.com-  Duta Kecamatan Kuta dan Kuta Selatan bertemu pada hari pertama Lomba Gong Kebyar Dewasa serangkaian Festival Seni Budaya (FSB) Kabupaten Badung ke-14 tahun 2023. Duta Kecamatan Kuta diwakili oleh Sekeha Gong Yowana Gita Samudra Desa Adat Kuta, sementara Duta Kuta Selatan diwakili oleh Sekeha Gong Kanti Budaya Kelurahan Jimbaran.

Hadir pada acara tersebut Kadis Pariwisata Badung Nyoman Rudiarta, anggota Fraksi PDI Perjuangan Dapil Kuta Gusti Anom Gumanti, perwakilan Kadis Kebudayaan, Camat Kuta Dewa Bayu, Camat Kuta Selatan Ketut Gede Arta, Lurah Kuta, Lurah Jimbaran, dewan juri dan undangan lainnya. Tak lupa ratusan pendukung dari masing-masing duta memenuhi panggung terbuka sisi utara Gedung Giri Nata Mandala Puspem Badung.

Pada kesempatan tersebut, Duta Kuta membawakan tabuh kreasi bertajuk Kebyar Kelayar dan Duta Kuta Selatan membawakan tabuh kreasi bertajuk Sempaning Cemagi. Selain tabuh kreasi, kedua duta gong kebyar dewasa ini juga membawakan tari kreasi masing-masing.

Sinopsis tabuh kreasi yang diterima dari panitia menyebutkan, Kuta sejatinya adalah tempat mempesona, jiwa seni mekar dalam kegemilangan. Dengan sentuhan ajaibnya, I Wayan Lotring sang maestro seni yang penuh kepukauan, menjalin keajaiban seni di setiap jengkal mengangkat nama Kuta melewati batas-batas bumi Bali. I Wayan Lotring dalam setiap karya monumentalnya memberikan inspirasi yang mendalam, menstimulasi pencipta untuk sebuah karya tabuh kreasi baru bertajuk Kebyar Kelayar.

Untuk tabuh kreasi Sempaning Cemagi bermakna sebuah fenomena gelombang laut yang menurut sumber para nelayan pantai Jimbaran sering menyebutnya encah yak cemagi yang artinya pasang surut teluk pantai Jimbaran membuat ombak menuju titik pantai Cemagi. Ciri-ciri setelah 4-6 hari, ikan-ikan akan banyak di laut Teluk Jimbaran. Sempaning adalah sebuah batu karang besar ujung selatan teluk pantai bilamana membentang lurus garis gelombang sempaning menuju ombak cemagi. Dengan fenomena tersebut Teluk Jimbaran akan banyak dikunjungi para peselancar karena keindahan ombak yang disebabkan oleh sempaning cemagi.

 

Kadis Pariwisasta Nyoman Rudiarta.

Kadis Pariwisata Nyoman Rudiarta saat diminta tanggapannya terkait Festival Gong Kebyar dengan sektor pariwisata menyebutkan, Badung merupakan salah satu kabupaten yang prioritas dari sektor pariwisata, khususnya pariwisata budaya. “Karena itu, penting melakukan tata kelola pariwisata yang berbasis kearifan lokal atau pun budaya,” ujarnya.

Di Badung, ujarnya, ada lima prioritas pembangunan yang salah satunya adalah pariwisata. Ada juga seni dan budayanya, karena itu Pemkab Badung juga melakukan kegiatan-kegiatan pembinaan baik menyangkut seni adat dan budaya maupun tradisi.

“Kami di pariwisata juga mengembangkan calender of event. Kita tak hanya berbicara pagelaran pentas seni budaya seperti gong kebyar saja tetapi masih ada tradisi kita yang lain seperti mekotek, mapuug-puugan, perang tipat, dan siat yeh. Itu juga dijadikan calender of event. Inilah wujud yang kita lakukan bagaimana seni dan budaya ini memang erat kaitannya dengan pariwisata,” katanya.

Ketika ditanya festival gong kebyar ini kaitan dengan pariwisata, Rudiarta menyatakan, tentunya kita ingin festival gong kebyar ini menjadi sebuah daya tarik wisata yang tentunya nanti kita kolaborasikan sehingga mengena dan diketahui para wisatawan. “Karena itu, kami dengan Dinas Kebudayaan melakukan kolaborasi nantinya,” tegasnya. (pbm2)

 


TAGS :

Komentar