Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

PHDI Bali Imbau Lanjutkan Nyejer Pejati Pada 7 Mei     

I Gusti Ngurah Sudiana

 

Denpasar, Porosbali.com -
Umat Hindu di Bali diimbau melanjutkan Nyejer Pejati di Pelinggih Kemulan, dan mengganti pejati lama dengan yang baru pada Kamis (7/5) bertepatan dengan Hari Purnama.

Imbauan itu disampaikan Ketua PHDI Provinsi Bali, Prof. Dr. I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si, pada Selasa (5/5) di Denpasar.

"Di mana pejati yang baru tersebut berisi serobong daksina yang terbuat dari bahan janur dan di dalam pejati terdapat tepung tawar serta benang tridatu yang ditempatkan di dalam pejati," jelasnya.

Selain itu pada Kamis bertepatan Pon, Sasih Jiyestha itu umat Hindu di Bali juga diajak melakukan persembahyangan di tempat suci keluarga masing-masing. Hal ini guna memohon perlindungan dan segera lenyapnya virus Covid-19 dari muka bumi ini.

“Pada saat sembahyang Purnama, kami mengajak umat Hindu untuk memusatkan pikiran serta berdoa kepada Ida Bhatara Guru dan Ida Bhatara Surya Gni yang dimulai dari Pukul 18.00 WITA sore,” ajaknya.

Usai sembahyang lanjut dia, semua anggota keluarga diharapkan nunas tirta dari pelinggih kemulan dan di-lukatkan secara bersama-sama. Setelah itu nunas benang tridatu yang telah ditempatkan pada pejati dan diikat pada tangan masing-masing anggota keluarga.

Di sisi lain ia mengingatkan agar dalam proses persembahyangan tersebut supaya mengikuti imbauan pemerintah terkait pencegahan Covid-19. Yaitu disiplin menerapkan social distancing. (Pbm2)


TAGS :

Komentar