Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Jelang PPDB TA 2020/2021, Komisi IV DPRD Bali Monitoring Sejumlah Sekolah

Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Bali, Ir. I Gusti Putu Budiarta bersama dengan para anggota melakukan monitoring ke sejumlah sekolah di Badung, Rabu (10/6/2020)

Denpasar, Porosbali.com- Rabu (10/6), Komisi IV DPRD Provinsi Bali melakukan pemantauan atau monitoring ke SMAN 1 dan SMAN 2 Abiansemal Badung.

Monitoring yang dipimpin langsung oleh Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Bali, Ir. I Gusti Putu Budiarta, didampingi Sekretaris Komisi IV DPRP Provinsi Bali, I Bagus Alit Sucipta, SH., dalam rangka menilai kesiapan sekolah terkait kesiapan pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2020/2021 di tengah pandemi Covid-19.

“Kita mencoba monitoring kesiapan sekolah yang sebentar lagi akan menggelar PPDB tahun ajaran 2020/2021. Monitoring ini akan terus berlangsung sampai dengan pendaftaran dibuka yakni tanggal 15 Juni, bahkan sampai pengumuman nanti,” ujar Budiarta, dikonfirmasi, Rabu (10/6/2020).

Berdasarkan pantauannya di sekolah-sekolah tersebut, Budiarta menilai pihak sekolah sudah sangat siap untuk mulai membuka PPDB.

Pada kesempatan itu pula, ia mengatakan banyak menerima aspirasi dari pihak sekolah terkait sarana dan prasarana pendukung kegiatan belajar mengajar (KBM).

“Dari pantauan tampaknya sekolah-sekolah dari SMA/SMK sudah sangat siap untuk menyambut PPDB, cenderung sekarang banyak aspirasi muncul terkait prasarana pendukungnya seperti ruang kelas baru, artinya untuk mengantisipasi rombongan belajar (rombel),” ungkapnya.

Kendati siap melaksanakan PPDB tahun ini, namun sekolah masih mengalami kendala seputar sarana-prasarana dan sumber daya manusia (SDM).

“Nah, kendalanya masih kekurangan kelas dan sarana-prasarana lainnya. Ini perlu diperhatikan agar daya tampungnya dapat sesuai. Jika sudah begitu, akan diikuti dengan peningkatan mutu dari sekolah,” ujar Politisi PDI Perjuangan tersebut.

Budiarta juga mengaku, terkait SDM di situasi Covid-19 ini, pihaknya telah membahasnya pada rapat beberapa waktu lalu bersama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Bali, dan masih tengah diupayakan.

Ia juga tak luput mengamati berjalannya Posko PPDB pada sekolah-sekolah yang dimonitoring, dan terkait hal itu ia berpendapat bahwa panitia-panitia yang menggawangi posko di setiap sekolah pun telah siap dan sampai saat ini belum ditemukannya kendala yang berarti.

Lebih lanjut Budiarta menyampaikan pihaknya akan terus melakukan pemantauan mulai dari persiapan hingga pengumuman PPDB ke depan.

“Pemantauan ini akan terus dilakukan, sehingga saya berharap masyarakat tidak perlu khawatir terkait anak-anaknya yang sebentar lagi akan mengikuti kegiatan belajar mengajar di tengah situasi Covid-19,” kata dia.

Pada pemantauan selanjutnya, Budiarta bersama dengan anggota Komisi IV lainnya akan menyasar sekolah-sekolah di Kabupaten Bangli.

“Kita akan mencoba memantau sekolah di Kabupaten Bangli besok,” tandasnya. (Pbm1)


TAGS :

Komentar