Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Tingkatkan Produktivitas, Ny. Putri Koster Dorong IKM Gunakan Platform Digital

Ny. Putri Koster

 

Denpasar, Porosbali.com- Akibat pandemi Covid-19 membuat hampir semua Industri Kecil Menengah (IKM) di Bali banyak yang mengalami penurunan pendapatan maupun produksi, baik dari industri fashion maupun perhiasan, juga termasuk karya seni murni seperti para pelukis Bali yang tidak bisa mengikuti pameran.

Hal tersebut dikatakan Ketua Dekranasda Provinsi Bali Ny Putri Suastini Koster seusai mengikuti web seminar (webinar) Dewan Kerajinan Nasional bertema `Adaptasi Kebiasaan Baru Sektor Kerajinan, Dalam Rangka Meningkatkan Produktivitas Melalui Platfrom Digital`, Sabtu (4/7) sore.

"Untuk itu, dalam menghadapi kondisi di masa pandemi ini yang hampir semua IKM di berbagai daerah mengandalkan platform digital, maka Bali juga harus melakukan hal tersebut, agar bisa terus berkembang dan berproduksi," katanya.

Pihaknya sendiri dengan Kepala Disperidag Provinsi Bali sudah melakukan diskusi bagaimana cara untuk membuat suatu karya seperti mendorong para IKM agar bisa tampil dalam dunia digital ini. Misalnya saja membuat pameran lukisan digital karena para pelukis sudah tidak bisa untuk pameran saat pandemi.

"Nah, hal-hal seperti ini sedang kita bahas, dan secepatnya semoga kita bisa realisasikan sehingga bisa mengakomodasi para IKM kita untuk memamerkan produknya dalam dunia digital," ujar Putri Koster yang dikenal sebagai pelaku seni multitalenta.

Di samping itu, ia juga menyampaikan bahwa salah satu yang harus dijaga para IKM dalam promosi di dunia digital adalah kualitas produk.

Menurutnya, ketika costumer membeli produk yang dilihat fotonya bagus di ranah online, namun saat produknya datang ternyata kualitasnya tidak memuaskan dan tidak sesuai dengan foto yang dipajang, maka akan mengecewakan konsumen.

Untuk itu, menjaga kepercayaan masyarakat sangat penting saat bergerak dalam promosi digital. "Jadi saya minta, para IKM Bali tetap mempertahankan kualitasnya, sehingga semakin banyak costumer yang percaya dengan produk tersebut. Dengan demikian, IKM akan semakin berkembang maju," pungkasnya.(Pbm1)


TAGS :

Komentar