Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Masifkan Pelaksanaan Tracing, Kodam IX/Udayana Gelar Pelatihan Petugas Swab Covid-19

Masifkan Pelaksanaan Tracing, Kodam IX/Udayana Gelar Pelatihan Petugas Swab Covid-19

Denpasar, PorosBali.com- Masih tingginya peningkatan sebaran Covid-19 dan berbagai upaya penangananpun juga terus dilakukan. Dimana salah satu upaya penanganan untuk meminimalisir meluasnya penyebaran, Kodam IX/Udayana bersama instansi terkait melaksanakan kegiatan tracing secara masif sebagai upaya untuk memotong mata rantai penyebaran Covid-19.

Agar dalam pelaksanaan tracing dapat berjalan sesuai yang diharapkan, pada Rabu (28/7/2021) diikuti para Dandim, Dandenkesyah, para Prajurit Kodam IX/Udayana yang disiapkan untuk menjadi tenaga tracer bersama para perwakilan tenaga kesehatan dari Puskesmas dan Puskesmas Pembantu di wilayah Bali, NTB dan NTT melaksanakan kegiatan pelatihan  petugas swab Covid-19 melalui Vidcon di tempat kerja masing-masing yang dipimpin oleh Asops Kasdam IX/Udayana bersama Kakesdam IX/Udayana.

Mengawali acara, Asops Kasdam IX/Udayana Kolonel Inf Lalu Habibburrahim W, S.I.P., M.Si., menyampaikan bahwa kegiatan Vidcon ini terkait dengan pelatihan petugas swab dalam rangka mendukung kegiatan PPKM  Level 4 yang dilaksanakan di wilayah Kodam IX/Udayana.

Kegiatan pelatihan  petugas swab ini dimaksudkan untuk memberikan pembekalan sekaligus pengetahuan personel di Jajaran Kodam IX/Udayana khususnya. Selain itu dengan meningkatnya kasus terkonfirmasi Covid-19 di wilayah Kodam IX/Udayana, kita juga akan melaksanakan kegiatan tracing secara masif termasuk juga kegiatan-kegiatan yang mendukung pemutusan mata rantai Covid-19.

Pada kesempatan ini juga, saya tekankan kepada personel Kodam IX/Udayana khususnya untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan. Karena dengan itu, diharapkan tingkat positif Covid-19 bisa ditekan. Disamping itu, kita juga sangat berharap pelaksanaan isolasi secara terpusat untuk lebih ditingkatkan.

Selanjutnya, Kakesdam IX/Udayana Kolonel Ckm dr. I Made Mardika, SPPD, MARS, FINASIM, menyampaikan bahwa tujuan kita melaksanakan kegiatan ini adalah untuk pencerahan atau pelatihan  petugas swab dalam rangka 3 T (Testing, Tracing dan Treatment).

Selaku Kakesdam IX/Udayana bersama Staf dari Rumah Sakit Tk. II Udayana yaitu Mayor Ckm dr. Heri Herlambang, SpPK., akan mengajak dan memberikan pelajaran bagaimana cara melakukan Swab.

Mayor Ckm dr. Heri Herlambang, SpPK., menjelaskan pada kesempatan ini kita akan melaksanakan sharing kepada petugas pengambilan sampel PCR. Dimana dalam pemeriksaan yang paling utama adalah pengambilan sampel PCR tersebut.

Dalam pengambilan sampel PCR ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu pengambilan harus sesuai prosedur yang benar sehingga didapat hasil yang sebenarnya, kemudian bagaimana penyimpanan dan pengiriman sampel tersebut.

Di jelaskan juga tentang hal-hal yang harus diperhatikan yaitu Viral Transport Media (VTM) sangat sensitif terhadap suhu sehingga harus diperhatikan suhu saat melakukan swab di outdoor, selalu menaruh VTM yang sudah mengandung sampel di dalam cool box dan pastikan cool box selalu dalam keadaan tertutup, serta cara mengambil specimen yang baik akan menentukan validasi sampel dan menentukan penanganan pasien selanjutnya. (Pbm2)


TAGS :

Komentar