Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

FMIPA UNUD Perkuat Riset Kelompok Dan Tingkatkan Produk Hilirisasi Lewat Monev

FMIPA UNUD Perkuat Riset Kelompok Dan Tingkatkan Produk Hilirisasi Lewat Monev

Denpasar, PorosBali.com- Memperkuat riset grup penelitian dan pengabdian, memperkuat jalinan kolaborasi riset, meningkatkan dana riset, publikasi/paten/HKI, serta meningkatkan hilirisasi hasil-hasil penelitian, FMIPA Universitas Udayana (UNUD) mengadakan riset grup monev atau bidang keahlian masing-masing prodi secara offline dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Pada kesempatan ini Dekan FMIPA Dra. Ni Luh Watiniasih, M.Sc, Ph.D dalam sambutannya berharap dengan adanya monev internal ini, FMIPA mampu memperkuat riset kelompok (identifikasi permasalahan dan menghasilkan solusi atas permasalahan yang ada) serta mampu meningkatkan produk hilirisasi yang dapat dimanfaatkan oleh industri, pemangku kepentingan, maupun masyarakat.

Monev group riset yang dihadiri oleh Dekan FMIPA – Dra. Ni Luh Watiniasih, M.Sc, Ph.D, WD1 – Dr. G.K. Gandhi Adi, S.Si, M.T, WD2 Dr. Drs. I Made Sukadana, M.Si, WD 3 Prof. Ni Nyoman Rupiasih, S.Si, M.Si, Koordinator Seluruh Program Studi di FMIPA, Koordinator Unit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (UP2M) Prof. Ir. Komang Dharmawan, M.Math, Ph.d, Koordinator Unit Pelaksana dan Penjaminan Mutu FMIPA (UP3M) Dr. Ida Ayu Gede Widihati, S.Si, M.Si, Koordinator Unit Pengelola Data dan Informasi FMIPA (UPIK) Agus Muliantara, S.Kom, M.Kom., Koordinator Unit Kerja Sama Dra. Luh Putu Eswariyanti Kusuma Yuni, M.Sc., Ph.D., Kepala Bagian Tata Usaha Ir. Ni Made Arini, kepala Lab di lingkungan FMIPA, serta staf tenaga kependidikan ini membahas mengenai peluang pengembangan group riset yang ada di Fakultas MIPA dalam mengantisipasi perkembangan teknologi dan keilmuan.

Dalam monev ini, disepakati pembuatan grup research baru dan menghapus grup research (kelompok studi) yang ada sebelumnya guna memperluas topik sehingga bisa dilaksanakan lintas prodi, dilingkungan FMIPA, UNUD, luar UNUD dan internasional yang nantinya akan menjadi unggulan FMIPA yang anggotanya terdiri atas dosen-dosen yang memiliki ketertarikan dengan bidang-bidang dalam grup riset tersebut. Lebih lanjut grup riset yang dihasilkan dalam monev ini adalah tiga grup riset penelitian dan satu grup riset pengabdian yaitu Grup Riset Penelitian Produk Bahan Alam dan Kesehatan, Grup Riset Penelitian Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan, Grup Riset Penelitian Big Data dan Machine Learning serta Grup Riset Pengabdian STEM bagi Masyarakat.

Ketiga grup riset penelitian dan satu grup riset pengabdian ini nantinya diharapkan dapat memperkuat jalinan kolaborasi riset, mendapatkan dana riset termasuk dalam bentuk inkind, dan menghasilkan publikasi/patent sederhana/HKI. (Pbm5)

(Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas485-Perkuat-group-riset-FMIPA-UNUD-gelar-Monev.html)

 


TAGS :

Komentar