Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Festival Pasar Senyum Rakyat, Wawali Ajak Tiga Holding Ciptakan Ekosistem Dukung Pemberdayaan UMKM

Wawali Denpasar Arya Wibawa membuka Festival Pasar Senyum Rakyat

Denpasar, PorosBali.com- Festival Pasar Senyum Rakyat yang digelar tiga entitas Holding Ultra Mikro (UMI) yakni Bank BRI, PT. Pegadaian, dan Permodalan Nasional Madani (PNM) dibuka Wakil Wali Kota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa, Sabtu (23/7) di Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri pula Direktur Jaringan, Operasi dan Penjualan PT. Pegadaian, Eka Pebriansyah, Kepala Divisi Ultra Mikro PT. BRI Tbk Novian Supriatno, Wakil Ketua Dekranasda Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, dan Kadis Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar, Ni Nyoman Sri Utari.
Wawali Arya Wibawa dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada pihak Pegadaian, BRI dan PNM yang telah memilih Denpasar sebagai lokasi kegiatan Festival Pasar Senyum Rakyat. Dengan diadakannya kegiatan ini serta dukungan dari tiga entitas Holding Ultra Mikro (UMI)  dapat mengobarkan semangat pemberdayaan UMKM. "Kami mengajak tiga Holding ini untuk menciptakan ekosistem di Kota Denpasar dalam mendukung pelaku usaha mikro yang ada untuk dapat berkembang berkelanjutan dan memiliki daya saing," ujar Arya Wibawa. 
Lebih lanjut disampaikan bahwa pembatasan mobilitas penduduk selama penanganan covid-19 yang membuat ruang gerak ekonomi menjadi tidak optimal. Sehingga terjadi penurunan penawaran dan permintaan barang dan jasa. Untuk menjaga agar ekonomi tidak terkontraksi lebih dalam, dukungan masyarakat yang berpenghasilan ???? paling rendah dan rentan harus menjadi salah satu fokus utama. Di Kota Denpasar, pihaknya telah melakukan berbagai langkah dalam memberikan dukungan kepada para pelaku UMKM untuk terus produktif di tengah situasi keterbatasan pandemi. Bantuan modal usaha hingga pelatihan telah di gelar Pemkot Denpasar, serta juga saat ini melaksanakan penataan infrastruktur di Pantai Sanur. Langkah ini juga dibarengi dengan penataan UMKM di kawasan wisata Sanur. "Saya bersama Bapak Wali Kota Denpasar dalam situasi pandemi telah memberikan stimulus usaha kepada masyarakat yang telah memiliki usaha, serta melaksanakan penataan UMKM di kawasan wisata Sanur. Hal ini dapat dikolaborasikan oleh tiga Holding ini untuk melaksanakan pemberdayaan dan memberikan ruang promosi bagi UMKM," ujarnya.
Sementara Direktur Jaringan, Operasi dan Penjualan PT. Pegadaian, Eka Pebriansyah menyampaikan Festival Pasar Senyum Rakyat ini merupakan bentuk konsistensi Perusahaan untuk memberikan kesempatan bagi para pelaku usaha memperkenalkan produk-produk yang mereka jual, kepada masyarakat luas. Festival ini dimeriahkan oleh para pelaku usaha yang terdiri dari 15 UMKM nasabah BRI, 15 UMKM Nasabah Pegadaian, 15 UMKM binaan PNM dan 5 UMKM binaan Dinas Koperasi Bali yang masing-masing menawarkan produk unggulan mereka, mulai dari kuliner, fashion. hingga kerajinan tangan. "Kota Denpasar merupakan kota kedua penyelenggaraan Festival Pasar Senyum Rakyat setelah Cirebon, Jawa Barat. Seperti diberitakan sebelumnya, sentra layanan ultra mikro (SenyuM) merupakan spirit bersama untuk menciptakan ekosistem yang mendukung para pelaku usaha mikro di Indonesia untuk dapat berkembang, berkelanjutan dan memiliki daya saing," ujarnya. (Pbm2)


TAGS :

Komentar