Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Pengabdian Masyarakat di Penatih Dangin Puri, Dekan FT Unmas: 'Komitmen kami jaga lingkungan'

Peserta antusias mengikuti cara pembuatan eco enzyme oleh Dekan FT Unmas Denpasar, Dr. Ir. I Made Sastra Wibawa, M.Erg. (Foto/ist)

Badung, PorosBali.com- Fakultas Teknik Universitas Mahasaraswati Denpasar kembali mengadakan pengabdian kepada masyarakat dengan mengadakan penyuluhan pengelolaan sampah dan pelatihan pembuatan Eco Enzyme. Jumat (5/8/2022) bertempat di Kantor Desa Penatih Dangin Puri, Kecamatan Denpasar Timur,  para peserta mengikuti kegiatan dengan antusias.  

Sebelumnya kegiatan yang sama juga dilaksanakan di Desa Jagapati, Kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung pada 30 juli 2022 lalu.

"Kegiatan yang kami laksanakan ini merupakan komkitmen kami Fakultas Teknik Unmas Denpasar untuk turut mejaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat. Ini bukan untuk kami tetapi untuk masyarakat dan anak cucu kita nantinhya. Astungkara, dalam setiap kami memberikan penyuluhan dan pelatihan selalu mendapat antusias dari masyarakat. Harapan kami agar kegiatan ini benar-benar bermanfaat bagi lingkungan," ujar Dekan Fakultas Teknik Unmas Denpasar  Dr. Ir. I Made Sastra Wibawa, M.Erg seusai memberikan pelatihan.

Untuk itu Sastra Wibawa menyampaikan terima kasih kepada jajaran Desa Penatih Dangin Puri yang sudah memberikan kesempatan melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat.  

"Kami selaku perguruan tinggi berkewajiban dan tanggung jawab kepada masyarakat melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi," imbuhnya 

 

Sastra Wibawa juga mengatakan kegiatan penyuluhan pengelolaan sampah ini sejalan dengan program Gubernur Bali terkait pengelolaan sampah dari sumbernya.

 

"Mulai sekarang kita harus bisa mengelola sampah mulai dari sumbernya. Seperti kita  ketahui bersama bahwa TPA Suwung sudah kelebihan kapasitas. Kami mengajak mamsyarakat mari kita memilah sampah dengan benar, mana yang organik dan mana yang non-organik ," katanya.

Foto: Dekan Fakultas Teknik Unmas Denpasar  Dr. Ir. I Made Sastra Wibawa, M.Erg (kanan) bersama Perbekel Desa Penatih Dangin Puri I Wayan Kamar (kiri). (Foto/ist)

 

Sementara Ketua Panitia Ir. Anak Agung Gde Sutrisna Wijaya Putra, S.T., M.T menyampaikan kegiatan ini bagian dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, pelatihan dan pengabdian kepada masyarakat.

"Penyuluhan pengelolaan sampah dan pelatihan pembuatan eco enzyme ini kami targetkan tiga bulan, nantinya disertai dengan pendampingan. Oleh karena itu kami berharap berjalan dengan lancar dan bermanfaat bagi masyarakat," ujar Agung Sutrisna.

Terkait pembuatan eco enzyme, ia yakin warga sudah mengetahui eco enzyme.

"Tugas kami selaku akademisi perguruan tinggi terus mengedukasi masyarakat. Eco Enzyme itu banyak manfaatnya," ucapnya.

Foto: Ketua Panitia Ir. Anak Agung Gde Sutrisna Wijaya Putra, S.T., M.T saat menyampaikan laporan. (Foto/ist)


Agung Sutrisna Wijaya menambahkan kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan aksi sosial sebelumnya yang dilakukan oleh Fakultas Teknik Universitas Mahasaraswati Denpasar yaitu Abdimas di Desa Kesiut dan Desa Timpag Kabupaten Tabanan, Abdimas di Tedung di Desa Abianbase Kabupaten Badung,  Penanaman mangrove di Desa Serangan Kota Denpasar serta bersih-bersih di Pantai Kuta dan Pantai Matahari Terbit.

 

Perbekel Desa Penatih Dangin Puri, Wayan Kamar menyambut baik kegiatan yang digelar oleh FT Unmas Denpasar ini. Menurutnya permasalahan lingkungan yang sudah menjadi isu global harus terus dicarikan solusinya. 

"Tanpa ada perhatian berbagai pihak, permasalahan lingkungan tak akan pernah selesai. Kami ucapkan terima kasih kepada FT Unmas Denpasar selaku perguruan tinggi yang sangat peduli dengan lingkungan," ucapnya.

Kedepannya, sinergi kegiatan seperti ini kata Wayan Kamar harus terus ditingkatkan sehingga lingkungan yang ada di Bali khususnya di Kota Denpasar terjaga bersih dan sehat apalagi sebagai daerah tujuan wisatawan. 

"Tentunya keberadaan Bali dan Kota Denpasar khususnya se bagai daerah tujuan pariwisata harus kita jaga. Kita mesti mampu meyakinkan dunia bahwa kita bisa menjaga lingkungan," jelasnya.

Sebagai bukti keseriusan menjaga lingkungan, FT Unmas Denpasar memperkuat kerja sama dengan Desa Penatih Dangin Puri melalui penandatanganan MoU oleh Dekan FT Unmas dengan Perbekel Desa Penatih Dangin Puri.

Pengabdian masyarakat FT Unmas Denpasar menghadirkan 2 (dua) narasumber yaitu  Shinta Enggar Maharani, S.T, M.Si yang memberikan penyuluhan pengelolaan sampah dan Dr. Ir. I Made Sastra Wibawa, M.Erg yang memberikan pelatihan membuat eco enzyme. 

Foto: Narasumber Shinta Enggar Maharani, S.T, M.Si saat memberikan penyuluhan pengelolaan sampah (Foto/ist)

 

Penyuluhan pengelolaan sampah dan pelatihan pembuatan eco enzyme diikuti oleh peserta yang berasal dari kalangan PKK, dan karang taruna. Kegiatan diakhiri dengan pengisian kuisioner penelitian. (Pbm5)


TAGS :

Komentar