Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Kaji Kemampuan Serum Hiperimun pada Sapi Bali, Ketut Wirata Raih Gelar Doktor di Fapet Unud

I Ketut Wirata yang merupakan Kepala Balai Besar Veteriner Denpasar meraih gelar doktor Ilmu Peternakan melalui ujian terbuka promosi doktor yang dipimpin Ketua Sidang, Koordinator Program Studi Doktor Ilmu Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Udayana Prof. Dr. Ir. Ni Nyoman Suryani, M.Si.

Denpasar, PorosBali.com- I Ketut Wirata yang merupakan Kepala Balai Besar Veteriner Denpasar, Rabu, 28 Desember 2022 berhasil meraih gelar doktor Ilmu Peternakan melalui ujian terbuka promosi doktor yang dipimpin Ketua Sidang, Koordinator Program Studi Doktor Ilmu Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Udayana Prof. Dr. Ir. Ni Nyoman Suryani, M.Si.

Tim Promotor terdiri dari Prof. Dr. drh. I Ketut Puja, M. Kes., Prof. Dr. Ir. I Nyoman Sutarpa Sutama, MS, dan Dr. drh. I Gusti Agung Arta Putra, M.Si. Promosi Doktor ini menghadirkan 6 orang dosen penyanggah dan 4 orang dosen undangan akademik dari Fapet Unud. Disertasi yang berhasil dipertahankan berjudul “Pengembangan Serum Hiperimun untuk Diagnosa dan Terapi Penyakit Jembrana Dalam Usaha Peningkatan Populasi Sapi Bali”.

Hasil penelitian disertasi mendapatkan novelty bahwa penelitian ini memiliki sifat kebaharuan (novelty) serta keunikan. Ketut Wirata memaparkan sifat kebaharuan dan keunikannya karena: 1). Produksi serum hiperimun antivirus penyakit Jembrana dilakukan dengan menggunakan metode modifikasi complet-incomplete adjuvant. 2). Serum hiperimun antivirus penyakit Jembrana lebih efisien digunakan untuk tujuan diagnostik.

Wirata mengatakan tujuan penelitian ini, pertama: Untuk mengetahui dan menganalisa perbedaan titer serum hasil produksi menggunakan metode modifikasi complete-incomplete adjuvant dengan metode penyuntikan vaksin komersial (produksi Pusvetma). Kedua, mengukur tingkat efisiensi serum yang diproduksi dengan metode modifikasi complete-incomplete adjuvant dalam penggunaan sebagai alat diagnosa penyakit Jembrana. Ketiga, mengkaji kegunaan serum hiperimun yang diproduksi dengan metode modifikasi complete-incomplete adjuvant untuk menyembuhkan secara klinis sapi Bali yang diinfeksi dengan virus penyakit Jembrana.

Dan keempat, mengkaji kemampuan serum hiperimun yang diproduksi dengan metode modifikasi complete-incomplete adjuvant dalam mengeliminasi virus penyakit Jembrana yang terdapat dalam tubuh sapi Bali yang terinfeksi maupun yang bersifat carrier(pbm5)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas2432-I-Ketut-Wirata-Raih-Gelar-Doktor-Ilmu-Peternakan-Fapet-Unud-.html


TAGS :

Komentar