Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Jaga Toleransi, ARW dan Yayasan Adista Raharja Widyanata Serahkan PSBI Perayaan Isra Mi'raj

Anggota Komisi XI DPR RI, I Gusti Agung Rai Wirajaya kembali menyalurkan 2.000 paket sembako Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) bagi umat muslim serangkaian Perayaan Isra Mi'raj Tahun 2023. Penyerahan paket sembako dilaksanakan di Jero Taman Bali, Perumahan Griya Kencana, Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Senin (20/2/2023). (Foto/pbm)

Badung, PorosBali.com- Anggota Komisi XI DPR RI, I Gusti Agung Rai Wirajaya kembali menyalurkan 2.000 paket sembako Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) bagi umat muslim serangkaian Perayaan Isra Mi'raj Tahun 2023. Penyerahan paket sembako dilaksanakan di Jero Taman Bali, Perumahan Griya Kencana, Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Senin (20/2/2023).

"Kegiatan kami Komisi XI dengan Bank Indonesia menyangkut kesehatan, sosial dan keagamaan. Bank Indonesia juga menjaga toleransi beragama agar masyakarat tidak terpecah dengan cara memberi paket sembako sekaligus untuk menjaga inflasi," terang Agung Rai Wirajaya (ARW).

Baca juga: Bangkit, Rai Wirajaya Harap Pemuda Demokrat Indonesia-Bali Jadi Penggerak Pembangunan

Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia khususnya Bali sejak tahun 2020, tambah ARW, Pemerintah Provinsi Bali bersama Bank Indonesia dan seluruh pihak di Bali secara konsisten bergotong-royong melakukan berbagai upaya baik dari sisi kesehatan maupun ekonomi untuk menyelamatkan nyawa manusia dan juga “nyawa” perekonomian Bali. Seperti diketahui, ketika itu perekonomian Bali mengalami pertumbuhan sangat negatif selama dua tahun pandemi.

“Perekonomian Bali di tahun 2022 mulai berangsur pulih sejalan kebijakan ekonomi dan kesehatan yang dilakukan pemerintah,” kata Anggota Fraksi PDI Perjuangan ini. 

ARW menyebut pandemi Covid-19 belum benar-benar berakhir. Bahkan, pemerintah saat ini kembali menggencarkan vaksinasi booster ke-2 untuk memperkuat kekebalan tubuh warga Indonesia.

“Kami terus bergerak melakukan berbagai upaya pemulihan ekonomi salah satunya menyebarkan paket-paket sembako kepada warga, semoga bisa meringankan dari sisi pemenuhan pangan,” jelasnya.

Pada penyerahan PSBI kali ini, Agung Rai Wirajaya bersama Bank Indonesia menggandeng Yayasan Adista Raharja Widyanata menyalurkan 2.000 bantuan paket sembako yang merupakan tindak lanjut direalisasikannya proposal permohonan bantuan keagamaan umat Islam dalam rangka peringatan Isra Mi’raj dari Yayasan Adista Raharja Widyanata oleh Bank Indonesia melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) dan disetujui sebanyak 2.000 paket sembako yang selanjutnya didistribusikan kepada warga melalui lembaga/kelompok masyarakat.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho, dalam sambutannya yang dibacakan Deputi Direktur BI Perwakilan Provinsi Bali Andi Setyo Wibado menyampaikan, Covid-19 yang berlangsung semenjak tahun 2020 telah memberikan dampak bagi perekonomian Indonesia khususnya Bali yang mengalami pertumbuhan negatif selama 2 tahun. Di 2022 perekonomian Bali berangsur pulih sejalan dengan kebijakan yang ditempuh oleh Pemerintah dan program-program pemulihan ekonomi oleh berbagai pihak.

Pertumbuhan ekonomi Bali pada tahun 2022 tercatat sebesar 4,84% (yoy) yang ditopang oleh sektor transportasi, pengadaan listrik serta akomodasi dan makan minum. Peningkatan sektor usaha sejalan dengan pulihnya pariwisata di Bali sejalan dengan kebijakan pelonggaran pembatasan perjalanan oleh Pemerintah
Pusat.

“Meski demikian, masih terdapat berbagai permasalahan sosial dan ekonomi di masyarakat seperti kemiskinan, ketimpangan dan lainnya yang memerlukan dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak. Diharapkan berbagai pihak terus mendorong kebangkitan ekonomi Bali dan mewujudkan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali,” katanya.

Menyikapi permasalahan sosial dan ekonomi tersebut, Bank Indonesia turut berperan aktif dalam mengatasi hal tersebut melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI). PSBI merupakan bentuk kepedulian atau empati sosial Bank Indonesia untuk berkontribusi dalam membantu memecahkan masalah sosial ekonomi yang dihadapi masyarakat.

Dalam implementasi PSBI, Bank Indonesia mengusung semangat “Dedikasi Untuk Negeri” di seluruh Kantor Perwakilan Bank Indonesia. Pihaknya berkomitmen untuk terus berkontribusi, berempati dan peduli dalam membantu mengatasi permasalahan sosial dan ekonomi di masyarakat yang dapat memberikan nilai bagi negeri dan institusi.

"Kegiatan hari ini dilakukan penyerahan PSBI kepedulian sosial dalam rangka Hari Raya Keagamaan Isra Mi'raj. Selain dalam rangka pemenuhan kebutuhan sehari-hari, PSBI ini
merupakan salah satu upaya dalam menjaga daya beli masyarakat karena inflasi di Bali cenderung masih tinggi," ucapnya.

Untuk itu, dalam menjaga stabilitas harga terutama komoditas pangan, Bank Indonesia turut mengupayakan dari sisi hulu berupa Gerakan Tanam (GERTAM) hortikultura untuk meningkatkan ketahanan pangan.

Selain itu, Bank Indonesia Provinsi Bali secara terus menerus mendorong peningkatan ekonomi yang berpihak kepada rakyat kecil seperti pengembangan UMKM dengan QRIS. Diharapkan UMKM yang menerapkan QRIS dapat memudahkan aksespembiayaan UMKM melalui multi-channel financing.

"Pada kesempatan ini, kita bersama-sama menyaksikan penyerahan berupa 1000 paket sembako dalam rangka Hari Raya Keagamaan Isra Mi'raj yang terealisasi berkat dukungan Anggota Komisi XI DPR RI, Bapak I Gusti Agung Rai Wirajaya. Bantuan ini nantinya akan disalurkan kepada warga yang membutuhkan secara bertahap. Bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat dan memberi motivasi untuk bangkit," jelasnya.

Pihaknya berharap bantuan yang diberikan dapat bermanfaat bagi seluruh warga, khususnya untuk meringankan beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19. "Mari kita kawal kondisi Covid-19 dengan terus disiplin terhadap protokol kesehatan dan meneruskan vaksinasi demi Bali Bangkit,” katanya. 

Sementara itu, secara simbolis, bantuan paket sembako diserahkan  kepada 11 kelompok masyarakat, yakni:

1. Yayasan Adista Raharja Widyanata 120 paket sembako,

2. Majelis Taklim Al-fattah Sading Badung (100),

3. Majelis Ta’lim Amar Maruf Sempidi Badung (100),

4. Al-ikhlas Darmasaba Permai Badung (100),

5. Majelis Taklim Al-barokah, Perum. Permata Anyar Badung (100),

6. Kerukunan Warga Muslim Qori Sading Badung (65),

7. Pengajian Al-iqro Pemecutan Klod Denpasar (57),

8. Yayasan Rukun Warga Muslim As-salaam (100),

9. Kelompok Pengajian Jam’iyyah Al-ikhsan Denpasar (100),

10. Majelis Ta’lim Al-fattah, Ubung Kaja Denpasar (100), dan

11. Majelis Ta’lim Nurul Huda Denpasar (58).

I Bagus Alit Sucipta menyampaikan terima kasih atas kepedulian sosial Agung Rai Wirajaya bersama Bank Indonesia. 

"Untuk kesekian kalinya secara terus-menerus Pak Agung bersama Bank Indonesia telah membantu warga kami di Kabupaten Badung. Bantuan ini tentu sangat bermanfaat dalam meringankan beban ekonomi mereka," tutur Bagus Alit Sucipta.

Hadir dalam kesempatan ini antara lain, Anggota DPRD Provinsi Bali Daerah Pemilihan Kabupaten Badung I Bagus Alit Sucipta,  Anggota DPRD Kota Denpasar Ida Bagus Ketut Wirajaya dan Yayasan Adista Raharja Widyanata serta para penerima PSBI. (Pbm6)


TAGS :

Komentar