Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Jaya Negara Tinjau Korban Kebakaran, Pastikan Keberlangsungan Pendidikan Hingga Perbaikan Rumah

Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Ketua Komisi I DPRD Kota Denpasar, I Ketut Suteja Kumara saat urun langsung meninjau lokasi dan bertemu masyarakat korban Kebakaran  RT 05 Dusun Wanasari, Desa Dauh Puri Kaja pada Rabu (14/6). (Foto/hms)

Denpasar , PorosBali.com- Pemkot Denpasar mengambil langkah cepat guna membantu Korban Kebakaran yang melanda warga di  RT 05 Dusun Wanasari, Desa Dauh Puri Kaja pada Selasa (13/6) pagi kemarin. Bahkan, Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara turun langsung meninjau lokasi kebakaran tersebut dan bertemu langsung dengan korban kebakaran pada Rabu (14/6). Dalam kesempatan tersebut, berbagai langkah strategis turut ditawarkan Pemerintah Kota Denpasar. Turut hadir Ketua Komisi I DPRD Kota Denpasar, I Ketut Suteja Kumara, Sekda Kota Denpasar, IB Alit Wiradana, OPD terkait serta Tagana Denpasar.

Dihadapan warga RT 05 Dusun Wanasari, Walikota Jaya Negara menyampaikan rasa prihatin  mendalam atas musibah kebakaran yang melanda RT 05 Dusun Wanasari. Dimana, saat ini diharapkan seluruh elemen baik masyarakat dan pemerintah bahu-membahu untuk menangani pemulihan pasca kebakaran ini. 

“Harapan kami semua elemen bergotong royong bersama saling bantu untuk pemulihan pasca musibah ini,” ujar Jaya Negara 

Dalam kesempatan tersebut pihaknya mengaku tidak ingin melihat warga RT 05 Dusun Wanasari yang merupakan warga ber KTP Denpasar tidur di bawah tenda pengungsian. Sehingga, bersama perusahaan melalui program CSR/TJSL telah dirancang tempat tinggal sementara dengan memanfaatkan kos-kosan yang dekat dengan lokasi musibah kebakaran. 

“Jadi begini, kita tidak ingin masyarakat kita di Kota Denpasar yang terkena musibah itu tidur di pengungsian, sehingga dirancang tempat tinggal sementara dengan memanfaatkan kos-kosan, ini bantuan dari CSR, minimal masyarakat mudah untuk akses toilet dan lainya, jadi satu keluarga satu kamar kos,” jelasnya 

Wali Kota Jaya Negara berharap, evakuasi dan pemindahan korban dapat segera dilakukan. Sehingga untuk sementara waktu aktivitas masyarakat korban kebakaran dapat berangsur pulih. 

"Perbekel dan Kepala Kewilayahan setempat agar segera mendata dan mencarikan tempat kos untuk tempat tinggal sementara dan untuk anggaran mendapatkan dukungan dari Bank BPD Bali," ujar Jaya Negara.

Pihaknya juga telah menugaskan Dinas Sosial Denpasar untuk membantu dapur umum memberikan makanan kepada korban kebakaran. Disamping itu pakaian layak pakai juga segera didistribuskan kepada para korban kebakaran di RT. 05 Dusun Wanasari. 

Baca juga: Wali Kota Jaya Negara Serahkan Bantuan Alkes dan Paket Sembako Untuk Warga Kota Denpasar

Untuk jangka menengah Jaya Negara telah merancang bantuan perbaikan rumah layak huni kepada korban kebakaran RT.05 Dusun Wanasari. Dimana, bantuan tersebut dirancang dengan bantuan maksimal sebesar Rp. 50 Juta dalam bentuk perbaikan rumah, dan untuk pemberian bantuan ini melalui tahapan verifikasi dari Tim Teknis yang terdiri dari Dinas PUPR, Dinas Perkim dan BPBD. Sehingga besaran bantuan yang akan diberikan tergantung dari hasil verifikasi. "Jika misalnya  kebutuhan perbaikan hanya memerlukan biaya 30 juta, yang akan dicairkan juga senilai 30 juta. Jadi nilai bantuan perbaikan rumah ini tergantung dari hasil tim verifikasi," katanya.

Dalam kesempatan tersebut Jaya Negara juga memberikan perhatian kepada anak korban kebakaran yang masih sekolah untuk mendapatkan keringanan biaya sekolah. Sehingga dapat segera dilakukan pendataan untuk selanjutnya dikordinasikan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Denpasar bersama sekolah terkait. 

"Beberapa langkah program untuk membantu korban dengan OPD terkait, serta memastikan para korban telah berada dalam situasi aman yang sudah memenuhi kebutuhan dasar seperti akses air bersih, makan dan minuman. Diharapkan dengan dukungan dan kolaborasi bersama ini sesuai spirit Vasudaiva Kutumbakam  dapat membantu korban memulihkan kehidupan mereka," ujar Jaya Negara. 

Sebelumnya, Pemkot Denpasar bersama relawan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), telah menyerahkan bantuan 60 paket Family Kit yang berisi selimut, sarung, handuk dan juga tikar BNPB kepada para korban musibah kebakaran.

Sementara itu, Ketua RT 5 Dusun Wanasari, Haji Budi mengucapkan terimakasih atas bantuan dan kepedulian Pemkot Denpasar terhadap musibah kebakaran yang melanda RT 05 Dusun Wanasari. Terlebih bantuan tempat tinggal sementara, fasilitasi makanan, pendidikan dan dalam jangka panjang perbaikan rumah layak huni yang akan diterapkan. Tentunya segala bentuk bantuan ini sangat bermanfaat bagi seluruh masyarakat RT 05 Dusun Wanasari. (Pbm2).


TAGS :

Komentar