Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

BKFISIP Unud Gelar “Screening” Film “Di Balik 98”

BKFISIP Unud Gelar “Screening” Film “Di Balik 98”

Badung, PorosBali.com-  Pada rangkaian acara Hari Ulang Tahun Badan Kekeluargaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Udayana melakukan screening film Di Balik 98. Pada rangkaian acara ke-3 yang dilakukan di Aula FISIP Unud pada 6 Juli 2023 ini secara resmi dibuka oleh Wakil Dekan 1 FISIP Unud yaitu Dr. Ni Made Ras Amanda Gelgel S.Sos., M.Si. Kegiatan ini menghadirkan Yonathan Andre Baskoro sebagai narasumber utama. Adapun moderator yang memandu diskusi antara narasumber dan peserta ialah dosen Program Studi Sosiologi FISIP Unud yakni Ni Made Anggita Sastri Mahadewi. Jumlah peserta screening film mencapai angka lebih dari 80 peserta, baik dari kalangan dosen maupun mahasiswa.

Selama pemutaran film berlangsung antusiasme peserta semakin tinggi sebab film membawa segenap penonton pada gejolak sosial politik di Indonesia pada tahun 1998 yang sangat mencengangkan. Pada sesi diskusi, antusiasme semakin meningkat ditandai dengan jumlah pertanyaan dan komentar dari para peserta. Baskoro juga menekankan beberapa hal pada saat sesi diskusi seperti marjinalisasi etnis Tionghoa, penembakan mahasiswa Tri Sakti sebagai instrumen peredam kericuhan, peran mahasiswa dalam reformasi, tantangan mahasiswa masa kini, hingga pentingnya kajian dari setiap aksi.

“Hari ini perjuangan teman-teman mahasiswa berbeda dengan kakak-kakak kalian di masa lampau, setidaknya hari ini demokrasi jauh lebih baik. Penting untuk kalian memanfaatkan itu, dengan catatan perkuat kajian kalian,” ungkap Baskoro pada salah satu jawaban atas pertanyaan peserta screening film. (pbm5)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas3249-SCREENING-FILM-BKFISIP-14-FISIP-UNUD-LAKSANAKAN-NONTON-BARENG-DI-BALIK-98-.html

 


TAGS :

Komentar