Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

PS Farmasi FMIPA Unud Gelar Kuliah Tamu Seminar Literasi Keuangan

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unud bekerja sama dengan Bank Central Asia (BCA) untuk mengadakan kuliah tamu dengan tema seminar literasi keuangan.

Badung, PorosBali.com-  Pada Selasa, 8 Agustus 2023 telah berlangsung kuliah tamu tentang Seminar Literasi Keuangan. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unud bekerja sama dengan Bank Central Asia (BCA) untuk mengadakan kuliah tamu dengan tema seminar literasi keuangan.

Seminar tersebut dibawakan oleh dua pemateri yakni GB Wiku W. Wicaksono sebagai KCP Kerobokan Bank Central Asia dan Fita Efil Rafelina Siallagan sebagai CS Kerobokan Bank Central Asia. Seminar Literasi Keuangan ini dilakukan secara hybrid yaitu ada yang hadir secara offline bertempat di Gedung Dekanat Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Lantai 3 dan ada yang bergabung secara online melalui aplikasi webex.

Wiku W. Wicaksono memaparkan materi mengenai bijak mengelola keuangan, mengetahui siklus kehidupan keuangan, cara mengatur pengeluaran, dan tips untuk mendapatkan pendapatan. Fita Efil Rafelina Siallagan memaparkan mengenai sosialisasi magang bakti Bank Central Asia. Program Magang Bakti BCA merupakan salah satu program yang diselenggarakan oleh Bank BCA untuk merekrut talen terbaik dari lulusan SMA/SMK hingga diploma yang memang berminat di dunia perbankan, tetapi belum memiliki pengalaman yang mumpuni di bidang tersebut.

Bank BCA memang rutin membuka program ini di setiap tahunnya. Benefitnya adalah akan mendapatkan pengetahuan mengenai program magang di BCA dan pemberian rekening gratis untuk seluruh peserta.

Apt. Dr. Eka Indra Setyawan S.Farm., M.Si. selaku Koprodi Farmasi menyampaikan, mahasiswa farmasi memiliki kurikulum bahwa mahasiswa farmasi tidak hanya belajar di bidang farmasi, tetapi juga diberikan kesempatan untuk belajar di luar kompetensi mahasiswa farmasi. Mahasiswa dapat belajar banyak hal di luar farmasi yang sebagai ilmu dasarnya. Literasi keuangan ini penting tidak hanya bagi mahasiswa, tetapi penting bagi semuanya memahami terkait pengelolaan keuangan secara baik, benar, dan bijak. Penting juga untuk mengenal berbagai macam jenis-jenis investasi supaya tidak salah berinvestasi.

Kuliah tamu dengan tema literasi keuangan ini diharapkan dapat memberikan pembelajaran tentang mengelola keuangan bagi semua orang. Koprodi Farmasi mengucapkan terima kasih sudah dilakukan kuliah tamu ini. Harapan ke depan tidak hanya bertamu tetapi juga bisa menjadi mitra ke depan untuk proses pembelajaran dan lainnya. Dengan adanya kuliah tamu tentang literasi keuangan ini menjadi sangat terbantu tidak hanya dari segi materi, tetapi juga bisa membuka peluang-peluang yang bisa dikerjasamakan kedepan.

Selain itu, Wiku W. Wicaksono dari pihak BCA mengatakan, literasi keuangan ini bersifat umum sehingga dapat dipelajari oleh semua orang termasuk mahasiswa farmasi. Disebutkan juga, alangkah baiknya dari usia muda sudah diedukasi tentang kegunaan rekening, gerakan menabung saham, dan mengenal fitur-fitur keuangan itu seperti apa. Adapun pesan kesan dari pihak BCA bahwa mahasiswa dapat memulai berinvestasi dari sekarang dan bisa menyalurkan keuangan dengan benar. (pbm5)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas3399-PS-Farmasi-FMIPA-UNUD-Gelar-Kuliah-Tamu-Seminar-Literasi-Keuangan.html

 


TAGS :

Komentar