Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Dosen University Jerman Beri Kuliah Matrikulasi Mahasiswa Baru S2 dan S3 Ilmu Linguistik FIB Unud

Dosen University of Koblenz Jerman Beri Kuliah pada Matrikulasi Mahasiswa Baru S2 dan S3 Ilmu Linguistik FIB Unud.

Badung, PorosBali.com-  Pada Senin, 28 Agustus 2023, dua dosen dari University of Koblenz Jerman memberikan kuliah tamu pada kegiatan matrikulasi mahasiswa baru program studi S2 dan S3 Ilmu Linguistik Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana (FIB Unud). Kedua dosen tersebut adalah Dr. Peter Erwin Jansen dan Dr. Inka Engel. Kegiatan matrikulasi dihadiri oleh 33 orang mahasiswa baru dari program studi S2 Linguistik dan 15 orang mahasiswa baru dari program S3 Linguistik. 

Dr. Peter Erwin Jansen merupakan seorang filsuf dan sosiolog lulusan Goethe University, Frankfurt. Saat ini dia mengajar folosofi, sejarah pergerakan sosial, keadilan sosial dan etika di Program Studi Ilmu Sosial di University of Koblenz. Dia merupakan salah satu pendiri International Herbert Marcuse Society, yang merupakan organisasi sosial yang berdedikasi pada transformasi masyarakat global.

Dr. Inka Engel merupakan seorang dosen dan peneliti di University of Koblenz, Jerman. Dia menamatkan studi magisternya di Kaiserslautern University of Applied Sciences dan studi doktornya pada University of Koblenz-Landau dengan mengambil jurusan pendidikan. Salah satu proyek penelitian yang sedang dilakukannya adalah Culture of Remembrance of the Second World War. 

Dalam kuliah yang dilaksanakan, kedua narasumber membawakan materi tentang Critical Theory dalam perspektif linguistik, yang pada intinya menekankan peran bahasa dalam komunikasi di masyarakat, khususnya dalam penggerakan aksi-aksi sosial.

Ditemui pada kesempatan yang sama, Koordinator Program Studi S2 Ilmu Linguistik FIB Unud, Dr. Ketut Widya Purnawati, SS, M.Hum menyatakan bahwa dirinya sangat senang mahasiswa baru S2 Ilmu Linguistik dapat memperoleh pengetahuan baru tentang linguistik dari kedua dosen University of Koblenz ini. 

“Tentunya penting bagi mahasiswa baru kami untuk memperoleh pengetahuan tentang linguistik, tidak hanya melalui fenomena kebahasaaan, akan tetapi fenomena lainnya, seperti fenomena sosial seperti yang dipaparkan kedua narasumber,” ujar Dr. Purnawati. Dia juga berharap mahasiswa dapat mengembangkan dan menerapkan pengetahuan yang mereka peroleh dari matrikulasi ini pada proses perkuliahan serta saat menyusun tugas akhir atau tesis nantinya. (pbm5)

Sumber: http://www.unud.ac.id


TAGS :

Komentar