Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Sebanyak 12 Peserta Ikuti Lomba Bapang Barong Ket dan Makendang Tunggal FSB Kabupaten Badung

Penampilan salah satu peserta Lomba Bapang Barong Ket dan Makendang Tunggal. (Foto/ist)

Badung, PorosBali.com- Setelah menuntaskan Lomba Gong Kebyar selama tiga hari terakhir, Festival Seni Budaya Kabupaten Badung Ke-14 Tahun 2023 melanjutkan dengan Lomba Bapang Barong Ket dan Makendang Tunggal, Sabtu (11/11/2023. Sebanyak 12 peserta ambil bagian dalam lomba ini yang digelar di panggung terbuka sisi Utara Balai Budaya Giri Nata Mandala Puspem Badung. 

Ditemui di sela kegiatan, Kepala Bidang Kesenian Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung, Kadek Sandra Widari menjelaskan peserta Lomba Bapang Barong Ket dan Makendang Tunggal masing-masing dua peserta di setiap kategori dari setiap kecamatan. Sementara untuk usia peserta lomba minimal 17 tahun dan maksimal 28 tahun. 

"Penampilan Bapang Barong dan Mekendang Tunggal dilakukan satu paket pada saat pementasan dan peserta diperbolehkan membawa Barong dan Kendang secara pribadi, namun panitia juga akan menyediakan satu barong dan kendang saat perlombaan," jelas Kadek Sandra seraya mengatakan gamelan yang dipakai adalah barungan Bebarongan milik Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung.

Lebih lanjut, Widari menyampaikan untuk aspek penilaian Tari Bapang Barong dinilai berdasarkan Teknik Tari yang terdiri dari Agem, Tandang dan Tangkep (ekspresi tapel), kemudian penampilan Power/bayu dan kreativitas 

"Untuk keharmonisan penilaiannya meliputi pola lantai atau pedum karang dan tata busana serta kerjasama penari Barong," imbuhnya.

Baca juga: Hari Kedua Lomba Gong Kebyar Dewasa, Duta Mengwi Bertemu Duta Kuta Utara

Sementara untuk Makendang Tunggal Barong dinilai dari Teknik Gegedig, seperti tetekes dan tetekep kemudian untuk kreativitas meliputi isen-isen gedig, pupuh dan pola-pola angsel.

"Untuk penampilan harmonisasi antara tari dengan tabuh khususnya kendang dinilai dari  ekspresi dan tatabusana serta kemampuan merespon juru Bapang," jelasnya.

Hasil penilaian lomba terdiri atas juara I, II, III untuk Bapang Barong begitu juga untuk Makendang Tunggal. 

"Pemenang lomba akan diberikan piala, piagam, dan hadiah berupa uang tunai," pungkas Kadek Sandra.

Festival Seni Budaya (FSB) Kabupaten Badung ke-14 bertema "Abyakta Loka Budaya" yang bermakna Badung Maju Berlandaskan Seni Budaya. FSB digelar serangkaian HUT ke-14 Ibukota Kabupaten Badung, Mangupura yang diisi dengan berbagai kegiatan lomba yang berakhir 16 Nopember 2023 mendatang. (Pbm2)

 


TAGS :

Komentar