Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Sekda Wayan Adi Arnawa Buka Carangsari Festival II Tahun 2023

Sekda I Wayan Adi Arnawa saat membuka Carangsari Festival II Tahun 2023 di Lapangan I Gst Ngr Rai Banjar Telugtug, Desa Carangsari, Kecamatan Petang, Jumat (24/11). (foto/hms)

Badung, PorosBali.com- Sekretaris Daerah I Wayan Adi Arnawa dalam kesempatan ini mewakili Bupati Badung hadir sekaligus membuka Carangsari Festival (Cafest) II Tahun 2023 dengan Tema"Abhinaya Budaya" yang memiliki makna Meningkatkan Semangat Generasi Muda Melalui Seni dan Budaya. Cafest II diselenggarakan oleh Karang Taruna Guna Widya Paramarta Desa Carangsari, Jumat (24/11) bertempat di Lapangan I Gst Ngr Rai Banjar Telugtug, Desa Carangsari, Kecamatan Petang, Badung. Turut hadir dalam kesempatan ini anggota DPRD Badung I Gst Agung Ayu Inda Trimafo Yudha, I Gst Lanang Umbara, I Nyoman Suka, Perwakilan Dinas Sosial, Camat Petang AA. Ngr Raka Sukaeling serta unsur Tripika Kecamatan Petang, Perbekel Desa Carangsari I Made Sudana, serta Masyarakat Desa Carangsari.

Carangsari Festival (Cafest) ini menggunakan anggaran dana APBDes Desa Carangsari sebesar Rp 391.886.600

Dalam sambutannya Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa mengucapkan rasa syukur dan bahagia karena bisa berkumpul dalam keadaan sehat jasmani dalam pelaksanaan pembukaan Carangsari Festival yang diselenggarakan oleh Karang Taruna Desa Carangsari. Dikatakan bahwa berbagai upaya dilakukan dalam rangka menjaga persatuan berkelanjutan dan berbagai upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Badung termasuk malam hari ini Pemerintah Desa Carangsari sudah menunjukan dan melakukan Implementasi dengan membuat Festival Carangsari. Kegiatan ini merupakan bagian dari pada untuk mempromosikan pariwisata yang ada di Kabupaten Badung yang dicintai ini. “Saya mewakili Pemerintah Kabupaten Badung menyambut baik dan mudah-mudahan festival ini tetap akan dilaksanakan setiap tahunnya oleh Pemerintah Desa, karena kegiatan ini untuk mengimplementasikan dari pada kebijakan Pemerintah baik Provinsi Bali, Badung untuk tetap menjaga persatuan yang berkelanjutan, ini adalah salah satu riil yang dilakukan semua Desa yang ada di Kabupaten Badung untuk mengantarkan bagaimana caranya menjaga persatuan yang berkelanjutan dan juga kegiatan hari untuk memberikan ruang UMKM untuk tumbuh dan bergeliat dan bagaimanapun juga kegiatan hari ini memberikan kesempatan kepada UMKM kita untuk menunjukan kreatifitas kita, sehingga bagaimanapun juga akan memberi dampak kesejahteraannya sekaligus akan memberi dampak pada pertumbuhan ekonomi baik dari pada pertumbuhan di Desa Carangsari itu sendiri maupun pertumbuhan di Badung termasuk pertumbuhan ekonomi di Bali baik akan berdampak pertumbuhan secara nasional," jelasnya.

Lebih lanjut harapan Sekda Adi Arnawa untuk seluruh desa untuk melakukan hal seperti ini, karena bagaimanapun juga menjaga persatuan berkelanjutan tidak bisa dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten saja untuk itu semua Desa harus mempunyai Visi yang sama dalam rangka untuk melakukan kegiatan seperti ini, yang tentu akan memberikan dampak positif dalam rangka untuk perkembangan pariwisata di Kabupaten Badung.

Baca juga: Sekda Adi Arnawa Hadiri Event Mini Kontes dan Fun Meet Up

Sementara itu Ketua Panitia Festival Ida Bagus Dwi Adnyana mengucapkan terimakasih atas kehadiran Bapak Sekda Badung bersama undangan lainnya dimana Karang Taruna Desa Carangsari melaksanakan kegiatan Carangsari Festival II Tahun 2023 yang dilaksanakan tanggal 24 sampai 26 November 2023. Dilaporkan acara Carangsari Festival yang pertama diadakan pada tahun 2022 yang lalu yang merupakan salah satu program Desa Carangsari dalam upaya meningkatkan kreatifitas dari semua kalangan dalam melestarikan Seni dan Budaya melalui kegiatan Lomba-lomba, Pementasan Seni Tradisional serta talkshow Seni Budaya. Tahun ini Carangsari Festival mengangkat Tema "Abhinaya Budaya" yang memiliki makna "Meningkatkan Semangat Generasi Muda Melalui Seni dan Budaya" dimana Desa Carangsari sudah dikenal sebagai Desa yang kental akan sejarah seni dan budaya selain itu kegiatan ini juga sebagai wadah atau upaya untuk menggerakan UMKM dalam rangka untuk mengembangkan dan mempromosikan produknya kepada masyarakat di samping adanya acara hiburan musik sebagai salah satu daya tarik daripada pengunjung. “Adapun rangkaian acara Cafest ini diawali dengan acara jalan santai yang diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat Desa Carangsari dan diisi pengundian hadiah hiburan selain itu juga ada lomba-lomba diantaranya lomba mewarnai tingkat Paud dan TK, lomba tari condong dan baris, lomba bernyanyi lagu Pop Bali, Mesatua Bali, Calistung tingkat SD serat lomba penjor dan lamak tingkat Sekaa Teruna Se-Desa Carangsari, " jelasnya.

 

Perbekel Desa Carangsari Made Sudana menyebutkan Kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan Desa Carangsari sebagai Desa Wisata, selain itu kegiatan ini juga mempromosikan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) lokal melalui Pagelaran Musik dan Hiburan. Pihaknya berharap dengan adanya kegiatan seperti ini dapat meningkatkan kreativitas masyarakat Desa Carangsari. Adapun Carangsari Festival merupakan event atau acara tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Carangsari yang dipanitiai oleh unsur Karang Taruna Guna Widya Paramartha Carangsari. (pbm2)


TAGS :

Komentar