Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Bupati Giri Prasta Hadiri Peresmian Yayasan Jaring Sutra Kencana Bali

Bupati Giri Prasta saat menghadiri peresmian Yayasan Jaring Sutra Kencana Bali dan pengukuhan Pengurus Kabupaten/Kota se-Bali, di Balai Budaya Giri Nata Mandala, Puspem Badung, Kamis (30/11). (foto/hms)

Badung, PorosBali.com- Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Badung Bupati Giri Prasta menyambut baik keberadaan Yayasan Jaring Sutra Kencana Bali yang didirikan dengan tujuan untuk mengajegkan taksu Bali dengan menggali nilai-nilai luhur budaya dan kearifan lokal masyarakat Bali. Yayasan ini merupakan wadah bagi para Pengusada, para Srati/Tukang Banten, para Seniman/Praktisi Seni Budaya, Wewalian Sakral Bali dan para penekun Spiritual/Paranormal/Balian untuk mengajegkan warisan budaya dan nilai-nilai kearifan lokal masyarakat Bali.

 

Bupati Giri Prasta menyampaikan, masyarakat Hindu Bali sangat kental dengan adat istiadat dan seni budaya dalam kehidupan kesehariannya yang terkenal hingga ke mancanegara. Bahkan budaya itu sudah melekat dalam kehidupan masyarakat yang diimplementasikan melalui upacara Panca Yadnya yang dilaksanakan secara tulus ikhlas sehingga memunculkan rasa cinta pada sesama manusia, binatang dan alam semesta.

 

"Yadnya merupakan sebuah kewajiban agar kita bisa selalu dekat dengan Ida Sang Hyang Widhi sebagai pencipta alam semesta. Bali ini berbudaya, jadi semaju apapun Pulau Dewata jangan sampai tergerus akar adat dan budaya kita, inilah yang akan dikawal Yayasan Jaring Sutra Kencana Bali. Saya sejak dilantik menjadi Bupati berkomitmen untuk mengembalikan wed unteng Bali dengan membangun Taman Bumi Banten untuk kebutuhan upakara dan upacara biar tidak ketergantungan dari daerah lain, mendirikan PAUD berbahasa ibu dan setiap hari Kamis menggunakan busana, bahasa dan sastra Bali," ujar Bupati Giri Prasta saat menyampaikan sambutan pada peresmian Yayasan Jaring Sutra Kencana Bali dan pengukuhan Pengurus Kabupaten/Kota se-Bali, Kamis (30/11) di Balai Budaya Giri Nata Mandala, Puspem Badung.

Baca juga: Perbekel se-Badung Orientasi Lapangan ke Perpustakaan Nasional RI

Pada kesempatan itu Bupati Giri Prasta juga mengingatkan peran strategis masing-masing profesi yang tergabung dalam Yayasan Jaring Sutra Kencana Bali seperti srati/tukang banten berperan penting dapat menyamakan pemahaman pembuatan banten bagi para srati di Bali. Seniman tari wali berperan dalam melestarikan dan mewariskan tarian sakral saat pujawali dan upacara keagamaan umat Hindu Dharma. Tari-tarian sakral ini sebagai wujud bakti yang menghubungkan umat Hindu dengan penciptanya/Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Serta Pengusada dan para penekun Spiritual Bali berperan untuk mewujudkan kesehatan yang paripurna bagi masyarakat melalui pengobatan tradisional Bali. "Saya mengapresiasi dan menyambut baik keberadaan Yayasan Jaring Sutra Kencana Bali, semoga taksu Bali tetap terjaga dengan ajegnya seni budaya, adat istiadat dan nilai-nilai kearifan lokal yang menjadi warisan leluhur bangsa," tutupnya.

 

Sementara itu Ketua Panitia peresmian Yayasan Jaring Sutra Kencana Bali dan pengukuhan pengurus Kabupaten/Kota se-Bali, I Putu Gede Kartika Udayana mengucapkan terima kasih kepada Bupati Giri Prasta yang telah mensuport sarana prasarana sehingga acara tersebut bisa berjalan lancar dan sukses.

 

Acara ini turut dihadiri oleh perwakilan jajaran Forkopimda Badung, Ketua Organisasi Kewanitaan Kabupaten Badung Nyonya Seniasih Giri Prasta, Bendesa Adat Sempidi Gusti Ngurah Martana dan Bendesa Adat Kwanji Ketut Sugiana serta tokoh masyarakat  I Made Putra Wijaya. (pbm2)


TAGS :

Komentar