Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Wali Kota Jaya Negara Hadiri Perayaan Hari Saraswati Mahawarga Bhujangga Waisnawa

Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa saat menghadiri  dan membuka Perayaan Rahina Suci Saraswati, Mahawarga Bhujangga Waisnawa di Pura Dalem Pauman, Pedungan Denpasar, Sabtu (16/12). (foto/hms)

Denpasar, PorosBali.com- Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa menghadiri Perayaan Rahina Suci Saraswati, Mahawarga Bhujangga Waisnawa di Pura Dalem Pauman, Pedungan Denpasar, Sabtu (16/12). Kegiatan yang diisi dengan beragam lomba dan dharma tula ini menjadi momentum dalam memaknai turunya ilmu pengetahuan. 

Hadir dalam kesempatan tersebut Anggota DPRD Kota Denpasar, Cintya Febriani, Camat Denpasar Selatan, I Made Sumarsana, Lurah Pedungan, I Kadek Ermanto, Tokoh Masyarakat serta undangan lainya. 

Rangkaian Perayaan Hari Suci Saraswati Mahawarha Bhujangga Waisnawa Kecamatan Denpasar Selatan ini diawali dengan pengukuhan pecalang, dilanjutkan dengan persembahyangan bersama dan dharma tula oleh Ida Rsi Bhujangga Waisnawa Sara Shri Satya Jyoti Giti Bhuwana Dharma Santhi. Selain itu, turut dilaksanakan beragam lomba-lomba. 

Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara dalam kesempatan tersebut memberikan apresiasi atas Perayaan Hari Suci Saraswati oleh Mahawarga Bhujangga Waisanawa ini. Tentunya hal ini menjadi momentum yang baik dalam memaknai turunya ilmu pengetahuan. Selain itu, perayaan ini juga menjadi wahana silaturahmi untuk mempererat persaudaraan dan mengembangkan potensi generasi muda. 

Jaya Negara berharap, dengan perayaan dan persembahyangan Hari Saraswati ini menjadi momentum untuk meningkatkan sradha dan bhakti agar semua umat manusia dianugrahi kecerdasar dan diberikan kekuatan dalam menjalankan swadarma masing-masing. 

"Tentu ini sangat baik, adanya lomba-lomba serta dharma tula menjadi wahana untuk pengembangan diri, selain juga sebagai upaya meningkatkan sradha bhakti dan wujud syukur atas anugrah kewicaksana atau kepintaran dalam menjalanlan swadarma sebagai umat manusia," ujar Jaya Negara

Sementara, Ketua Moncol Mahawarga Bhujangga Waisnawa Kota Denpasar, Guru Ketut Bagus Kerta Negara didampingi Ketua Panitia Guru Putu Semada mengatakan, perayaan Hari Suci Saraswati kali ini diisi dengan berbagai kegiatan yang dirangkaikan dengan pengukuhan Pecalang Cakra Bhuwana dan Generasi Mudq Eka Bhuwana Suta. 

Lebih lanjut dijelaskan, kegiatan ini diawali dengan persembahyangan bersama dan dharma tula. Selain itu turut digelar beragam lomba yang berkaitan dengan tradisi dan budaya Bali. Yakni Lomba Ngulat Sengkui Meikuh, Lomba Nyurat Aksara Bali, Lomba Ngulat Tipat Dampul, Lomba Gender, Lomba Dharma Wecana Bahasa Bali, Lomba Mesatua Bahasa Bali dan Lomba Ngewacen Aksara Bali. Selain itu turut dipentaskan hiburan bondres. 

Adapun lomba-lomba ini merupakan wahana apresiasi terhadap berbagai proses pembinaan yang dilaksanakan. Sehingga nantinya dapat bermanfaat dalam mendukung keberlangsungan tradisi adat dan budaya Bali. Nantinya, dalam lomba ini akan ditetapkan para pemenang yang masing-masing akan mendapatkan piala, piagam dan dana apresiasi. 

"Perayaan Rahina Saraswati ini merupakan bentuk nyata sinergi dari kita, oleh kita dan untuk kita Mahawarga Bhujangga Waisnawa, sehingga semakin kompak dan terus berkontribusi dalam pembangunan," ujarnya. (pbm2).


TAGS :

Komentar