Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Wawali Arya Wibawa Pimpin Apel Gelar Pasukan Posko Angkutan Nataru dan Denfest 2023

Wakil Walikota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa, pimpim Apel Gelar Pasukan Posko Terpadu Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) Denpasar Festival  (Denfest) 2023. (foto/hms)

Denpasar, PorosBali.com- Wakil Walikota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa, pimpim Apel Gelar Pasukan Posko Terpadu Angkutan Natal 2023, dan Tahun Baru 2024 (Nataru) serta Denpasar Festival  (Denfest) 2023, Selasa (19/12) bertempat di Terminal Ubung, Kecamatan Denpasar Utara. 

Pelaksanaan Apel Nataru dan Denfest 2023 melibatkan Tim Gabungan dari unsur TNI/Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan Kota Denpasar, BPBD , Dinas Kesehatan, Jasa Raharja, Organda serta instansi terkait lainnya. Apel ini sebagai persiapan seluruh Tim Gabungan Denpasar  dalam Tim Posko Terpadu Angkutan Nataru 2024, serta Denfest 2023 yang aman, nyaman, tertib, teratur dan selamat.

Wawali Arya Wibawa dalam sambutannya mengatakan, Kota Denpasar merupakan pusat kegiatan aktivitas masyarakat yang sangat padat dengan mobilitas yang tinggi baik kegiatan perdagangan, pendidikan, industri, pariwisata, maupun pemerintahan. "Antisipasi bersama dari tim gabungan Denpasar dalam periode Nataru animo pergerakan masyarakat menuju dan keluar Kota Denpasar akan semakin meningkat, dikarenakan liburan akhir tahun Kota Denpasar menjadi salah satu obyek kunjungan para wisatawan domestik maupun mancanegara," ujar Arya Wibawa. 

Lebih lanjut Arya Wibawa menyampaikan, bahwa Pemerintah Kota Denpasar juga secara rutin setiap akhir tahun melaksanakan kegiatan Denfest. Event yang berlangsung  dari tanggal 22- 25 desember 2023 untuk memberikan wadah kepada masyarakat dalam menumbuhkan kreatifitas dan membangun Kota Denpasar.

Arya Wibawa juga mengharapkan dalam pelaksanaan posko terpadu agar selalu membangun kebersamaan, koordinasi dan sinergisitas untuk memberikan jaminan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas serta kenyamanan. Dalam hajatan Denfest tim juga dapat memberikan informasi kepada masyarakat terkait pengalihan arus lalu lintas hingga menginformasikan zonasi parkir.
"Dengan jiwa Vasudhaiva Kutumbakam, menyama braya, gotong royong dan kolaborasi yang berlandaskan Tri Hita Karana mari kita sukseskan pelayananNataru dan Denfest 2023”, imbuhnya. 

Baca Juga: Pemkot Denpasar Konsultasi Publik Jaring Aspirasi Untuk RPJPD 2025-2045

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Kota Denpasar, I Ketut Sriawan mengatakan, pelaksanaan Posko Terpadu ini digelar 19 Desember hingga 3 Januari 2024. Tim Gabungan  melakukan atensi Nataru keramaian dibeberapa titik, yakni pusat perbelanjaan, penyeberangan, dan perbatasan yang menerjunkan 210 petugas.

"Selain posko terpadu Nataru, juga telah disiapkan pos terpadu Defest di kawasan Catur Muka yang menerjukan 290 personel dalam sehari yang dibagi ke dalam dua shift. Untuk satu shift terdiri atas 150 petugas yakni shift pertama pukul 08.00 hingga 15.00 Wita dan shift kedua pukul 15.00 hingga 23.00 Wita," ujarnya.

Di samping itu Sriawan juga mengatakan, pengamanan pelaksanaan Nataru pihaknya telah mempersiapkan 4 posko terpadu. Yakni Pos Umanyar, Pos Terminal Ubung, Pos Pelabuhan Pengumpan Lokal Sanur dan Pos Pelabuhan Serangan, serta diprediksi akan terjadi lonjakan pergerakan kendaraan dan penumpang ke Kota Denpasar mencapai 20 persen. "Kita antisipasi lonjakan Nataru tahun ini termasuk antisipasi kendaraan wisata yang parkir di pinggir jalan," kata Sriawan.

Ia menambahkan, untuk ketersediaan sarana angkutan di Denpasar terdiri atas AKDP 37 unit, Trans Metro Dewata 105 unit, bus sekolah 14 unit, kereta kuda 2 unit dan dokar 8 unit. Sementara fast boat untuk Sanur ke Nusa Penida 37 unit, Sanur - Nusa Lembongan 22 unit, Serangan - Lombok 6 unit, Serangan-Nusa Penida/Lembongan 30 unit.

Dalam kegiatan tersebut Wakil Walikota Arya Wibawa berkesempatan menyerahkan Helm Keselamatan dan Life Jaket kepada para petugas secara simbolis, serta peninjauan uji emisi kendaran. (pbm2)


TAGS :

Komentar