Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Gusti Lanang Umbara: Persaingan Ketat, Promosi Pariwisata ke LN Sangat Urgen

Ketua Komisi II DPRD Badung Gusti Lanang Umbara bersama Konjen KBRI Jerman membuka sales mission ke Jerman beberapa waktu lalu. (foto/hms)

Jerman, PorosBali.com- Persaingan destinasi wisata antarnegara sangat ketat. Setiap negara berlomba-lomba menggarap potensi pariwisatanya untuk menggaet wisatawan sebanyak-banyaknya. Sebagai destinasi pariwisata, Badung harus melakukan promosi terhadap objek-objek serta atraksi wisata yang dimiliki.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Komisi II DPRD Badung Gusti Lanang Umbara seusai mengikuti Sales Mission ke dua kota di Jerman yakni Munchen dan Frankfurt, Rabu (20/3/2024). “Karena persaingan begitu ketat, kami menilai Badung wajib melakukan promosi wisata ke luar negeri, terutama kantong-kantong wisatawan,” tegas politisi PDI Perjuangan Dapil Petang tersebut.

Promosi dengan sentuhan fisik (datang langsung, red), dinilai akan memberikan dampak yang lebih besar dibandingkan hanya dengan promosi secara online. Saat promosi fisik, selain memberikan penjelasan mengenai objek-objek wisata maupun atraksi yang ada di Badung dan Bali secara umumnya, pihaknya juga menampilkan atraksi seni budaya Bali. “Dengan menampilkan tari Bali, calon-calon wisatawan sangat antusias untuk datang ke Bali,” tegasnya.

Khusus sales mission di Jerman, ujarnya, peserta yang merupakan pengusaha wisata dipertemukan serta difaslitasi untuk bisa menyampaikan produk-produk wisata yang dimiliki. Mereka menjelaskan hal-hal baru yang ada di Bali. Mereka pun saling berinteraksi.

Baca Juga: Made Suwardana Berharap Terjaring Atlet dan Seniman Berprestasi

Saat ini, katanya, wisatawan Jerman ke Bali ada di peringkat X. Karena itu, peluang untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan Jerman masih terbuka lebar. “Kami justru menargetkan kunjungan wisatawan Jerman ke Bali meningkat 50 persen dari angka kunjungan saat ini,” tegasnya.

Dia menganalogikan sebuah produk seperti sabun. Sepopuler apa pun produk sabun tersebut, produsen tetap melakukan promosi. “Tujuannya tentu saja mempertahankan kesan baik terhadap produk tersebut. Demikian juga dengan destinasi maupun atraksi wisata. Bali sudah sangat populer, tetapi promosi tetap harus dilakukan,” tegasnya.

Saat dikatakan penerbangan merupakan faktor penting dalam mendatangkan wisatawan ke Bali, Lanang Umbara tak menampiknya. Karena itu, pihaknya akan mendorong eksekutif untuk melakukan pendekatan kepada maskapai terutama maskapai dalam negeri untuk membuka penerbangan langsung ke kantong-kantong wisatawan.

Tampa penerbangan langsung, tegasnya, kedatangan wisatawan akan terhambat. Karena itu, promosi pariwisata harus didukung dengan adanya penerbangan-penerbangan langsung sehingga memudahkan wisatawan untuk datang ke Bali, khususnya Badung. (pbm2)


TAGS :

Komentar