Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Edukasi Masyarakat Di Masa Pandemi Covid-19, Dandim Tabanan Apresiasi Peran Awak Media

Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Toni Sri Hartanto bersama awak media

Tabanan, PorosBali.com- Peran media sebagai salah satu bagian masyarakat yang memiliki kewajiban diantaranya untuk mengontrol kinerja pemerintah di era keterbukaan informasi publik seperti saat ini akan dapat memberikan dampak yang positif di dalam menentukan kebijakan.

Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Toni Sri Hartanto memandang perlu untuk mewujudkannya dalam kegiatan rutin dengan mengadakan silaturahmi atau simakrama dengan insan pers ataupun awak media.

Kegiatan tersebut dikemas dalam Acara Coffee Morning, Kamis (08/10/2020) bertempat di Ruang Data Makodim 1619/Tabanan. Adapun tujuan dari kegiatan ini untuk saling bertukar informasi ataupun mendengar masukan dari para jurnalistik atau wartawan.

Pada kesempatan kali ini Kodim 1619/Tabanan melibatkan Insan Pers wilayah Tabanan yang tergabung dalam organisasi Persatuan Wartawan Tabanan atau Pewarta yang menghadirkan 10 orang anggotanya.

Dipimpin oleh Ketua Pewarta Doni Darmawan, kehadiran mereka diterima langsung Oleh Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Toni Sri Hartanto didampingi Kasdim Mayor Inf Dewa Putu Oka dan Para Perwira Staf lainnya.

Dalam sambutannya, Dandim 1619/Tabanan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Anggota Pewarta yang telah hadir dalam acara Coffee Morning yang merupakan ajang silaturahmi menjalin persahabatan dan keakraban antara Kodim 1619/Tabanan dengan insan pers.

“Jalinan komunikasi antara Kodim 1619/Tabanan dengan insan pers
di wilayah Bumi Lumbung Beras ini telah berlangsung sejak lama. Dengan diadakannya acara ini secara berkala diharapkan komunikasi antara Pewarta dengan Kodim 1619/Tabanan akan terjalin semakin baik yang disesuaikan dengan profesi kita masing-masing”, sebut Dandim.

Di masa Pandemi COVID-19 yang sudah berlangsung sekitar 8 bulan ini dihitung sejak Bulan Pebruari 2020 lalu, pemerintah pusat maupun daerah beserta Aparat TNI, Polri dan Instansi terkait juga seluruh komponen masyarakat telah melakukan berbagai upaya untuk membendung penyebaran COVID-19. Namun tidak dapat dihindari juga di wilayah Tabanan harus menerima kenyataan bahwa Tabanan merupakan wilayah yang sempat berstatus zona merah penyebaran COVID-19.

Sesuai Inpres Nomor 6 Tahun 2020 kemudian ditindaklanjuti dengan dikeluarkannya Pergub Bali Nomor 46 Tahun 2020 dan juga Perbup Tabanan Nomor 44 Tahun 2020 yang semuanya menyebutkan keterlibatan TNI dalam rangka pendisiplinan masyarakat dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian penyebaran COVID-19 di tatanan kehidupan era baru atau KEB

Dalam pelaksanaannya TNI membantu pemerintah daerah dan Polri untuk penegakan hukum protokol kesehatan tersebut.

“Saya juga sempat melakukan zoom meeting dengan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 yang juga Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Doni Monardo dan mengutip pernyataan beliau bahwa ada 3 hal penting yang dapat membantu perubahan perilaku yang dapat mempercepat penanganan COVID-19 secara nasional yaitu media sosial, media online dan whatsapp, dengan demikian telah disebutkan salah satu peran yang dapat mempercepat terlaksananya perubahan perilaku masyarakat di masa Pandemi COVID-19 ini adalah peran media, sehingga diharapkan media benar-benar bekerja semaksimal mungkin untuk bersama-sama menghadapi COVID19 dan membangun Tabanan secara konstruktif untuk kemajuan bersama.

Menyinggung Pilkada Serentak yang akan dilaksanakan 9 Desember 2020 ini, Dandim mengatakan bahwa TNI termasuk Kodim 1619/Tabanan menjunjung Netralitas TNI sebagai suatu kebijakan yang sudah ditentukan oleh Komando Atas.

Bersikap netral artinya tidak akan memihak atau mendukung siapapun pasangan calon yang bertarung dalam Pilkada Serentak kali ini. Kita bersama Polri akan mengamankan semua tahapan Pilkada sesuai tugas yang dibebankan kepada kita dan sesuai aturan yang berlaku.

Kemudian apabila ada Personel TNI yang melanggar maka akan diberikan sanksi tegas sesuai dengan aturan yang berlaku karena kita semua mengharapkan pelaksanaan Pilkada dapat berlangsung damai dan demokratis.

Kodim 1619/Tabanan dalam Pengamanan Pilkada akan membantu dan mendukung secara penuh Polri dan telah menyiapkan 155 orang personel yang siap di-Bawah Kendali Operasi-kan atau di-BKO-kan untuk perbantuan kepada Polri.

Diharapkan dalam setiap pelaksanaan tahapan Pilkada semua pihak tetap menerapkan protokol kesehatan untuk menghindari munculnya cluster-cluster baru penyebaran CoVID-19 di Tabanan.

Sementara Ketua Pewarta Doni Darmawan menyampaikan ucapan terima kasih atas acara yang digelar secara rutin oleh Kodim 1619/Tabanan ini dan tidak lupa mengucapkan Selamat Ulang Tahun Ke 75 TNI.

“Semoga TNI tetap jaya dan selalu Bersinergi Untuk Negeri”, ucapnya.

Lanjutnya, Pewarta akan selalu siap mendukung dan bekerja sama dalam hal pemberitaan untuk membangun dan kemajuan Tabanan. (Pbm2)


TAGS :

Komentar