Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Gubernur Koster Buka Bulan Bung Karno IV Tahun 2022, Total Hadiah Rp 67,5 Juta

Pembukaan Bulan Bung Karno IV tahun 2022 di Gedung Ksirarnawa Art Center Taman Budaya, Denpasar, Rabu (1/6/2022) kemarin

Denpasar, PorosBali.com- Gubernur Bali, Wayan Koster, membuka secara resmi Bulan Bung Karno IV tahun 2022 di Gedung Ksirarnawa Art Center Taman Budaya, Denpasar, Rabu (1/6/2022) kemarin. Pembukaan ditandai dengan penandatanganan prasasti kata-kata mutiara Bung Karno.

Pembukaan jua dihadiri Wagub Cok Ace, Ketua DPRD Bali, Nyoman Adi Wiryatama, Kapolda Bali, Putu Jayan Danu Putra, Ketua TP PKK Bali, Putri Suastini Koster, serta pimpinan OPD di lingkup Pemprov Bali, serta ratusan undangan lainnya.

 

Dalam sambutannya, Gubernur Koster menegaskan bulan Juni merupakan bulan yang sangat penting terutama untuk presiden pertama RI, Ir. Soekarno. Tanggal 1 Juni merupakan hari Lahirnya Pancasila yang dicetuskan Bung Karno, selanjutnya tanggal 6 Juni adalah hari lahir Bung Karno dan 21 Juni merupakan hari wafatnya Bung Karno.

Khusus untuk Bulan Bung Karno yang diperingati ini, ujar Wayan Koster, sebagai penghormatan dan bakti terhadap Bung Karno yang telah menetapkan dasar negara.

“Tujuan lainnya, pengarusutamaan Pancasila yakni meningkatkan pemahaman masyarakat Bali guna memperkokoh semangat kebangsaan dan membangkitkan memori kolektif tentang ketokohan Soekarno,” tegasnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Dewa Putu Mantera yang juga Kepala Kesbang Polinmas Bali menyatakan tema yang diangkat pada Bulan Bung Karno IV 2022 ini “Adicitta Danu Kerthi” yang bermakna menstanakan air dalam diri, refleksi kepemimpinan Bung Karno. Acara ini akan digelar selama satu bulan penuh mulai 1-30 Juni mendatang.

Adapun perlombaan yang akan dilaksanakan meliputi:

  1. Lomba Film pendek Aktualisasi Tata Titi Kehidupan Masyarakat Bali Berdasarkan Kearifan Lokal Sad Kerthi dalam Bali Era Baru, dengan peserta siswa SMA/SMK/sederajat dan mahasiswa
  2. Lomba Desain dan Peragaan Busana Adat Kerja ke Kantor dengan Peserta Masyarakat Umum
  3. Lomba Video Pengolahan Sampah Berbasis Sumber Dalam Bali Era Baru dengan Peserta Desa/Kelurahan dan Desa Adat yang melibatkan Krama Istri/PKK dan Yowana di Provinsi Bali.

Ajang perlombaan yang dimulai pada 13 Mei-10 Juni 2022 tersebut memperebutkan hadiah total Rp 67.500.000.

Selain itu, dilaksanakan pula seminar daring dengan tema “Aktualisasi Kepemimpinan Bung Karno Dalam Bali Era Baru” pada Senin, 6 Juni 2022 serta Gerakan Kebersihan Serentak sekaligus tebar benih ikan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Bali, Pemerintah Kabupaten/Kota, Kecamatan, Desa/Kelurahan, Desa Adat dan Tim Desa Kerthi Bali Sejahtera yang diadakan Selasa, 21 Juni 2022.

Untuk Informasi lebih lengkap terkait perehelatan Bulan Bung Karno IV dapat mengunjungi laman https://bulanbungkarno.baliprov.go.id.   (pbm1)


TAGS :

Komentar