Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

AWBP Terbentuk di DKI Jakarta dan Sekitarnya, Agendakan Peningkatan Kualitas SDM

AWBP - Manggala Paiketan Arya Wang Bang Pinatih (AWBP) DKI Jakarta dan sekitarnya Brigjen TNI I Gusti Putu Wirajana saat diwawancara oleh wartawan. (Foto/ist)

Denpasar, PorosBali.com- Manggala Paiketan Arya Wang Bang Pinatih DKI Jakarta dan sekitarnya Brigjen TNI I Gusti Putu Wirajana turut hadir pada Puncak Perayaan HUT Ke-14 Paiketan Arya Wang Bang Pinatih di Gedung Dharma Negara Alaya, Denpasar, Minggu (6/11/2022).

"Dirgahayu, dirgayusa Paiketan Warga Arya Wang Bang Pinatih ke 14 tahun," ujar Wirajana usai perayaan.

Wirajana yang kini menjabat Kepala Biro Dewan Pertahanan Nasional menyampaikan, Paiketan Arya Wang Bang Pinatih DKI Jakarta yang baru sepekan dikukuhkan oleh Manggala Umum PWAWBP Bali/Pusat, I Gusti Ngurah Jaya Negara. Menurutnya dalam kerangka wawasan nusantara, kalau kita ingin maju, bangsa ini ingin utuh maka mulai dari diri kita sendiri, keluarga, lingkungan semeton, semeton Bali dan terakhir menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca juga: Tingkatkan Srada Bakti, Paiketan AWBP NTB Gelar Pelatihan Kepemangkuan dan Banten

Ia juga mengatakan dalam merekatkan pasemetonan tersebut, pihaknya akan mengadakan pemetaan melalui teknologi. Mau tidak mau teknologi 4.0 dan 5.0 yang sudah masuk kepada society suatu keniscayaan. Apalagi sekarang di jaman dimana situasi bisa berubah setiap saat.

"Di saat aman landai, tetapi saat tidak menentu akan terjadi perubahan drastis. Sehingga disitulah perlu ada saling informasi, saling tepo selero," jelas perwira tinggi asal Buyan Menanga Karangasem itu 

Wirajaya juga mencermati kompleksitas keluarga dan ambiguitas beberapa pilihan yang tidak pasti sehingga perlu adanya paiketan, paruman. ‘‘Sesuai dengan Pancasila sila keempat bagaimana Paiketan Arya Wang Bang Pinatih Jakarta dan sekitarnya mampu di luar Bali melakukan sesuatu hal untuk kemajuan Arya Wang Bang Pinatih dan kemajuan pasemetonan Bali pada umumnya,‘‘ sebutnya.

Baca juga: Bupati Giri Prasta Hadiri Parum Program Dadia Agung Pasek Gelgel Pegatepan Klungkung

Untuk itu pihaknya juga akan segera mendaftarkan paiketan ini ke Pemporv DKI Jakarta. "Ini bukan ormas tetapi Paiketan Warga Arya Wang Bang Pinatih dan selanjutnya akan membuat yayasan," tambah Wirajaya seraya mengatakan pihaknya berencana mengadakan seminar melalui zoom seluruh warga Arya Wang Bang Pinatih yang ada di Jakarta dan sekitarnya termasuk Bandung dan mungkin Bali untuk bisa saling kenal. Kemudian akan dibangun aplikasi teknologi pemetaan, dimana posisi warga, komposisi dan sebagainya sehingga akan memudahkan untuk melakukan komunikasi.

Wirajana mengungkapkan di tengah tantangan akan semakin berat ke depan, paiketan akan meningkatkan mulai dari kemampuan sumber daya manusia para muda mudinya. Karena SDM generasi muda menentukan kualitas dari bangsa itu sendiri.  “Yang terkecil dulu dari semeton kita. SDM kita harus berkualitas, harus kita tingkatkan jangan sampai ada mis learning, distorsi yang akhirnya berbahaya mengakibatkan learning loss,‘‘ pungkasnya. (Pbm2)

 


TAGS :

Komentar