Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

BI Bali Sosialisasi Cinta Bangga dan Paham Rupiah pada Festival Imlek Bersama 2023

Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Trisno Nugroho (paling kiri) bersama.Gunernur Wayan Koster dan para undangan pada Festival Imlek Bersama 2023 di Lapangan Puputan Badung I Gusti Ngurah Made Agung, Minggu (29/1/2023). (Foto/ist)

Denpasar, PorosBali.com- Sosialisasi edukasi Cinta, Bangga dan Paham (CBP) rupiah terus digaungkan oleh Bank Indonesia. Tidak hanya itu, Bank Indonesia juga mendorong penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). 

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Bali menggaungkan edukasi terkait Cinta, Bangga, dan Paham (CBP) Rupiah, serta mendorong penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) pada Momen Festival Imlek Bersama 2023 di Denpasar

"Kegiatan ini menjadi upaya kami menggaungkan edukasi terkait Cinta, Bangga, dan Paham (CBP) Rupiah, serta mendorong penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Ini bentuk ekspansi dari bawah ke atas. Ini harus terus diingatkan kepada masyarakat maupun wisman," kata Kepala KPwBI Provinsi Bali Trisno Nugroho dalam acara Panggung Nusantara-Festival Imlek Bersama di Denpasar, Minggu, (29/1/2023).


Pada Festival Imlek Bersama ini, kata Trisno,  KPwBI Bali membuka stan untuk memberikan edukasi CBP Rupiah dan penggunaan QRIS, sekaligus mendukung pemulihan ekonomi Bali.


"Setidaknya ada 100 UMKM turut berpartisipasi dalam kegiatan festival ini," ujar Trisno.

Festival yang berlangsung selama dua hari yakni 28 dan 29 Januari 2023 di Lapangan Puputan Badung I Gusti Ngurah Made Agung itu, seluruhnya sudah dapat menerima pembayaran dengan QRIS.

Menariknya, di stan KPwBI Provinsi Bali para pengunjung juga dapat berbagi angpao digital kepada barongsai dan para penampil dalam festival, melalui QRIS yang sudah tersedia di beberapa titik di Lapangan Puputan Badung.

"Pengunjung juga berkesempatan mendapatkan hadiah menarik dari Bank Indonesia hanya dengan cara mengunggah bukti berbagi angpao digital dengan QRIS tersebut," imbuh Trisno.



Di stan pameran tersebut, Bank Indonesia menampilkan showcase dan permainan interaktif dengan tema kreasi pohon angpao yang di dalamnya berisi pilihan sejumlah hadiah menarik. Ratusan pengunjung telah berpartisipasi aktif di showcase dan permainan Bank Indonesia ini.

"Festival Imlek Bersama 2023 ini sebagai sesuatu yang luar biasa. Terlebih UMKM diberikan kesempatan berpartisipasi secara gratis," ucapnya seraya mengatakan kegiatan dengan melibatkan UMKM seperti festival ini perlu dilakukan tiap bulan di Kota Denpasar. 

Bahkan Trisno menyebut dalam konteks ekonomi, penyelenggaraan festival ini sebagai permulaan yang bagus di awal tahun 2023. "Hal ini semakin meneguhkan Bali optimistis bahwa pada 2023 ini bisa lebih baik lagi dibandingkan tahun 2022," katanya.

Ketua Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Bali Putu Agung Prianta mengatakan tujuan dari kegiatan Festival Imlek Bersama ini untuk merajut kebhinnekaan dan memperkuat kerukunan.

"Kam berharap kegiatan ini dapat berlangsung setiap tahun serta mengangkat Denpasar sebagai Kota Toleransi serta melengkapi festival festival seni budaya yang selama ini telah digelar di Denpasar," ujarnya.

Festival Imlek Bersama 2023 ini juga didukung elemen komunitas yang ada di Bali, seperti Flobamora, Ikawangi, Pusunda, komunitas mobil antik dan sebagainya. (Pbm7)


TAGS :

Komentar