Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Dosen Unram Raih Gelar Doktor di Prodi Doktor Linguistik FIB Unud

Dosen Unram Raih Gelar Doktor di Prodi Doktor Linguistik FIB Unud.

Denpasar, PorosBali.com-  Program Studi Doktor Linguistik kembali melahirkan doktor baru. Kali ini, Arafiq, S.Pd., M.Hum. dinyatakan lulus doktor Program Studi Linguistik setelah berhasil mempertahankan disertasi berjudul “Tipologi Gramatikal Bahasa Bima” lewat sidang terbuka yang berlangsung di Ruang Soekarno, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana pada Selasa, 20 Juni 2023.

Arafiq yang merupakan dosen Universitas Mataram dinyatakan lulus sebagai doktor ke-273 Prodi Doktor S-3 Linguistik atau ke-192 di FIB Unud.

Ujian terbuka ini dipimpin oleh Dekan FIB Unud, Prof. Dr. Made Sri Satyawati, M.Hum. yang sekaligus sebagai Kopromotor II, serta dewan penguji yang terdiri atas Prof. Dr. Ketut Artawa, MA (Promotor), Prof. Dr. I Wayan Pastika, MS (Kopromotor I), Dr. Ni Made Suryati, M.Hum., Prof. Drs. I Nyoman Udayana, M.Litt., Ph.D., Dr. I Made Madia, M.Hum., Dr. Ketut Widya Purnawati, M.Hum., serta penguji luar yaitu Dr. Agus Subianto, MA.

Dalam presentasinya atas disertasi berjudul “Tipologi Gramatikal Bahasa Bima”, promovendus menyatakan, berdasarkan hasil penelahaan terhadap struktur dasar klausa bahasa Bima, klausa dasar bahasa Bima terdiri atas klausa dengan predikat verbal dan nonverbal dengan tata urutan SVO (subject verb object) sebagai dasar dan dengan pertimbangan pragmatis dapat bervariasi menjadi SOV, VOS, dan VSO. Relasi-relasi gramatikal bahasa Bima terdiri atas relasi subjek, objek, dan oblik. Subjek bahasa Bima hadir mendahului verba (preverbal), dapat sisipi oleh adverbial, pejangka kambang, dan dapat direlatifkan. Peningkatan valensi bahasa Bima dilakukan dengan kausatifiasai dan aplikatifisasi.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Ketut Artawa, MA selaku promotor menyampaikan pujian atas kerja keras promovendus dalam riset dan penulisan disertasi. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada kopromotor dan para penguji yang telah membimbing promovendus. “Pertama-tama, saya ucapkan terima kasih kepada para kopromotor serta anggota penguji atas masukan serta saran yang konstruktif untuk pengembangan disertasi ke depan. Pesan saya kepada Arafiq, ini merupakan langkah awal, tetaplah rendah hati dan semoga ke depannya semakin sukses dalam karier,” ujar Prof. Artawa.

Baca juga: PLN Jaga Sinergi Dorong Pertumbuhan Perekonomian Buleleng

Promosi doktor dihadiri sekitar 30 peserta dari kalangan mahasiswa, dosen, dan keluarga promovendus. Setelah penyampaian makna disertasi oleh promotor, acara dilanjutkan dengan pengalungan serta pemberian sertifikat kepada doktor baru, Arafiq. (pbm5)

Sumber: http://www.unud.ac.id


TAGS :

Komentar