Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Mahasiswa TPB Unud Rancang “Tomatify”, Aplikasi Pendeteksi Penyakit Tomat Gunakan “Machine Learning”

Mahasiswa TPB Unud Rancang “Tomatify”, Aplikasi Pendeteksi Penyakit Tomat Gunakan “Machine Learning”

Badung, PorosBali.com-  Luh Putri Apriliani, mahasiswa Program Studi Teknik Pertanian dan Biosistem, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Udayana bersama kelompoknya yaitu Komang Deny Triana, Hana Octavia Trinida Malo, I Wayan Bharatayasa, Ni Made Lia Ari Widana dan Ketut Wii Artawan berhasil merancang Mobile App “Tomatify”.

Tomatify merupakan sebuah aplikasi (mobile app) yang dapat mendeteksi penyakit pada tomat menggunakan machine learning. Tomatify merupakan capstone project setelah mengikuti program bangkit yang diselenggarakan oleh Google, GoTo, Travelola dan PT Dicoding Akademi Indonesia. Aplikasi ini telah diuji di daerah Kintamani, Bangli. Terjadi persentase penurunan produksi tomat yang cukup besar yang disebabkan keterbatasan petani tomat dalam melakukan identifikasi penyakit pada tanaman tomat tersebut. Akurasi dari deteksi penyakit tomat ole Tomatify mencapai 92%.

Luh Putri Apriliani, yang kerap disapa Putri mengatakan, aplikasi ini dibuat bertujuan untuk dapat memudahkan para petani dalam mendeteksi penyakit khususnya pada buah tomat. Ia juga berharap aplikasi ini dapat digunakan oleh banyak petani di Bali terutama petani tomat. (pbm5)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas3228-Mahasiswa-TPB-Unud-Berhasil-Merancang-Tomatify-Aplikasi-Pendeteksi-Penyakit-Pada-Tomat-Menggunakan-Machine-Learning.html

 


TAGS :

Komentar