Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Putu Nuniek Hutnaleontina Raih Gelar Doktor di FEB Unud

Putu Nuniek Hutnaleontina, SE, M.Si.

Badung, PorosBali.com-  Keterlibatan masyarakat lokal dalam pengelolaan desa wisata menjadi perhatian khusus dari Putu Nuniek Hutnaleontina, SE, M.Si. Menurutnya, masyarakat lokal belum sepenuhnya terlibat langsung dalam pengelolaan desa wisata sehingga keberlanjutan pariwisata cenderung mengkhawatirkan.

Dalam disertasinya yang merupakan syarat akhir kelulusan dalam menempuh pendidikan doktor, Putu Nuniek Hutnaleontina, SE, M.Si. mengangkat topik “Peran Destination Social Responsibility dan Community-Based Tourism Terhadap Sustainable Tourism Development di Desa Carangsari”.

Dalam pelaksanaan sidang Promosi Doktor Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi yang dilaksanakan pada Senin, 17 Juli 2023 Promovenda Putu Nuniek Hutnaleontina, SE, M.Si memaparkan bahwa penelitian disertasi yang ditulisnya bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh Community-Based Tourism terhadap Sustainable Tourism Development di Desa Wisata Carangsari; (2) pengaruh Community-Based Tourism terhadap Destination Social Responsibility di Desa Wisata Carangsari; (3) pengaruh Destination Social Responsibility terhadap Sustainable Tourism Development di Desa Wisata Carangsari; (4) peran Destination Social Responsibility dalam memediasi pengaruh Community-Based Tourism terhadap Sustainable Tourism Development di Desa Wisata Carangsari.

Selanjutnya hasil penelitiannya: (1) Community-Based Tourism (CBT) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Sustainable Tourism Development (STD); (2) Community-Based Tourism (CBT) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Destination Social Responsibility (DSR); (3) Destination Social Responsibility (DSR) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Sustainable Tourism Development (STD); dan (4) Destination Social Responsibility (DSR) sebagai pemediasi (full mediation) pengaruh Community-Based Tourism terhadap Sustainable Tourism Development.

Sidang Promosi Doktor ini dilaksanakan secara offline, promotor dari promovenda adalah Prof. Dr. Nyoman Djinar Setiawina, SE, MS, serta Kopromotor I Prof. Dr. I Komang Gde Bendesa, MADE, dan Kopromotor II Dr. Ni Putu Wiwin Setyari, SE, M.Si. Ujian Promosi Doktor dipimpin oleh Ketua Sidang yang pada kesempatan ini dipimpin oleh Koprodi, Prof. Dr. Ni Nyoman Yuliarmi, SE, MP. Promovenda berprofesi sebagai tenaga pengajar di Program Studi Akuntansi Universitas Hindu Indonesia dan promovenda berhasil lulus ujian dengan predikat Memuaskan. (pbm5)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas3291-SIDANG-PROMOSI-DOKTOR-PUTU-NUNIEK-HUTNALEONTINA-S-E-M-Si-PROGRAM-STUDI-DOKTOR-ILMU-EKONOMI-FAKULTAS-EKONOMI-DAN-BISNIS-UNIVERSITAS-UDAYANA.html

 


TAGS :

Komentar