Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Tampilkan Hasil Karya dan Inovasi Siswa, BEF Ke-2 Tahun 2023 Dibuka

Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa, secara resmi membuka Badung Education Fair (BEF) Ke-2 Tahun 2023 ditandai pemukulan gong serta mengunjungi stand pameran pendidikan yang dipusatkan di Balai Budaya Giri Nata Mandala, Puspem Badung, Rabu (23/8).

Badung, PorosBali.com-  Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa, mewakili Bupati Badung, secara resmi membuka Badung Education Fair (BEF) Ke-2 Tahun 2023 ditandai pemukulan gong serta mengunjungi stand pameran pendidikan yang dipusatkan di Balai Budaya Giri Nata Mandala, Puspem Badung, Rabu (23/8). Kegiatan yang mengangkat tema “Menumbuhkan Kewirausahaan Berbasis Literasi dan Kearifan Lokal” ini diselenggarakan oleh Disdikpora Badung bekerja sama dengan Guru Penggerak Kabupaten Badung. Acara tersebut juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Badung I Wayan Suyasa, organisasi kewanitaan Badung, perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Bank BPD Bali Cabang Badung dan Mangupura serta pimpinan perangkat daerah di lingkungan Pemkab Badung.

Sekda Adi Arnawa menyampaikan, atas nama Pemerintah Kabupaten Badung sangat mengapresiasi dan menyambut baik pelaksanaan Badung Education Fair Ke-2 Tahun 2023. Diharapkan kegiatan ini dapat terus berlanjut, di samping lebih banyak menampilkan peserta sebagai ruang bagi sekolah, baik guru maupun anak-anak untuk menampilkan inovasi-inovasi maupun hasil karyanya. “BEF ini kami harapkan sebagai wadah untuk mendorong minat anak-anak untuk belajar dan mengembangkan inovasi yang dimiliki,” jelasnya.

Dikatakan, di era digital, dituntut peka akan permasalahan-permasalahan yang terjadi baik di dalam maupun di luar satuan pendidikan. Pendidikan tidak hanya terbatas pada peningkatan literasi dan numerasi siswa, tapi juga harus berfokus pada pembentukan karakter siswa serta bidang edukasi lainnya, seperti pemanfaatan teknologi serta edukasi keuangan. “Melalui BEF, kita merangkum potensi-potensi yang ada di satuan pendidikan untuk ditampilkan sebagai salah satu upaya berbagi praktik. Pemkab Badung melalui Disdikpora telah berkomitmen membuka peluang kolaborasi untuk kemajuan sektor pendidikan dengan pihak-pihak yang kompeten. Urusan pendidikan harus ditangani dengan kolaborasi antarbidang keilmuan. Rekan-rekan guru harus jeli menangkap peluang kolaborasi demi kemajuan bersama, tentunya tetap berjalan pada koridor aturan yang berlaku,“ jelasnya.

Baca juga: Bali Targetkan Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku Capai 80 Persen di Pertengahan September 2023

Ketua Koordinator Guru Penggerak Badung I Made Suardana, selaku Ketua Panitia menjelaskan, kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi antara Disdikpora Badung dengan Guru Penggerak. BEF terdiri atas beberapa rangkaian kegiatan antara lain seminar, workshop, lomba guru dan murid, serta pameran pendidikan. Peserta kegiatan berasal dari jenjang PAUD/TK, SD, SMP, SMA dan SMK se-Kabupaten Badung. Tujuan kegiatan ini adalah untuk menggerakan ekosistem pendidikan di Kabupaten Badung demi terwujudnya Merdeka Belajar.

“Rangkaian kegiatan BEF telah dilaksanakan mulai bulan Mei-Agustus 2023. Tahun ini adalah penyelenggaraan BEF ke-2 dengan mengusung tema ‘Menumbuhkan Kewirausahaan Berbasis Literasi dan Kearifan Lokal’. Kami berharap anak-anak didik kita mampu melihat potensi yang dimiliki Kabupaten Badung, sehingga kelak mereka tidak hanya menjadi para pencari kerja namun dapat menjadi pencipta lapangan kerja,” ungkapnya. (pbm2)


TAGS :

Komentar