Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Temu Wirasa Stakeholder Gathering BPR Kanti 2023, Amitaba Singgung Pentingnya ‘’Community Bank

Denpasar, PorosBali.com- "Temu Wirasa Stakeholder Gathering BPR Kanti 2023’’ berlangsung meriah di Ball Room Hongkong Garden Denpasar, Rabu (27/9/2023) malam. Acara Temu Wirasa sekaligus merayakan HUT ke-34 BPR Kanti serta pengundian Tabungan ArisanKU berhadiah Fortuner VRZ 2.8 AT GR Sport Diesel, Mobil Listrik Wuling Air EV, Sepeda Motor Listrik dan lainnya yang diikuti oleh BPR, Koperasi, Perusahaan, Perorangan di Indonesia (Medan, Lampung, Jawa, Nusra, Kalimantan, Sulawesi).

Hadir pada kesempatan tersebut Pj. Gubernur Bali yang diwakili Staf Ahli Bidang Perekonomian Gede Suralaga, Bandesa Agung MDA Provinsi Bali Dewa Agung Putra Sukahet, Kepala OJK Region Bali Nusra diwakili Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan Ananda R. Mooy, Deputi Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, IG Diah Utari dan para stakeholder BPR Kanti.

Temu Wirasa kali ini bertema ‘’Community Bank Dasar Memperkokoh Perekonomian Daerah: Berbagi, Membantu, Melayani, dan Berbuat melalui BPR Kanti’’.

"Sesuai khitoh, marwah kelahiran BPR melalui pakto 88, BPR Kanti akan selalu ada di tengah-tengah masyarakat dan lingkungan sekitarnya sebagai community bank untuk menggerakkan dan memperkokoh perekonomian daerah agar Bali selalu tetap ajeg, perekonomian Bali kuat dan tangguh," terang Direktur Utama BPR Kanti Made Arya Amitaba.

I Made Arya Amitaba. (Foto/ist)

 

Pria asal Desa Sukawati-Gianyar ini menyampaikan, selama 25 tahun memimpin BPR Kanti, di tahun 2022 BPR Kanti menunjukkan kinerja terbaik sepanjang sejarah, dimana kredit tumbuh hampir 50%, asset 41%, dan dana pihak ketiga 25%. Atas kinerja ini BPR Kanti meraih 3 besar Infobank Award 2023 untuk asset 500 miliar s/d 1 triliun dan meraih LPS Banking Award 2022 untuk katagori BPR di Indonesia.

Untuk itu tema "Community Bank Dasar Memperkokoh Perekonomian Daerah: Berbagi, Membantu, Melayani, dan Berbuat melalui BPR Kanti’’ ini diangkat karena ingin BPR yang dilahirkan di tengah-tengah masyarakat sebagai community bank artinya bank tersebut dikenal dan dibutuhkan oleh masyarakat. "Sebagai community bank, BPR paham betul dengan lingkungan sekitarnya, sehingga akan terjadi kolaborasi bagaimana perbankan bisa menyalurkan kredit kepada sasaran yang tepat seperti membantu sektor UMKM yang akan menggerakkan perekonomian daerah. Nah ketika BPR itu tetap sebagai community bank maka BPR akan kuat pondasinya,’’ ujar Amitaba

Ketika krisis pandemi Covid-19, dimana lembaga keuangan tidak menyalurkan kredit, Amitaba mengatakan BPR Kanti justru ‘memaksa’ BPR, koperasi untuk mengeluarkan kredit agar menggerakkan perekonomian Bali, dengan dananya dari BPR Kanti. "Tidak hanya mensupport BPR, koperasi di Bali namun juga di NTB, Pulau Jawa dan Pulau Sumatra," sambungnya seraya mengatakan  Perekonomian Bali bisa bertahan tidak lepas dari peran Kadin Bali, restrukturisasi, dan stimulus.

Dikatakannya, BPR Kanti bisa berbagi, membantu, melayani dan berbuat dengan mengajak stakeholder bekerjasama untuk memperkuat desa adat dimana adat ini adalah pondasi dasar perekomian daerah di Bali.

‘‘Kami ada bersama masyarakat dan kami mengajak segala unsur untuk bersama-sama bahu-membahu ketika berbank dengan BPR Kanti itu adalah sarana untuk bagaimana masyarakat para stakeholder dapat melaksanakan fungsinya melalui program yang direncanakan BPR Kanti dengan CSR-nya. Nah itu yang kami lakukan untuk benar-benar memperkuat pondasi dasar sebagaimana khitohnya BPR yang merupakan community bank,‘‘ tegas Amitaba.

Tak hanya itu, tema ‘‘Berbagi, Membantu, Melayani dan Berbuat melalui BPR Kanti‘‘ ini telah diejawantahkan pada ulang tahun BPR Kanti yang ke-25 tahun 2014, dimana BPR Kanti sudah mensupport desa adat Bali melalui penerbitan Buku Hukum Adat Bali aneka kasus dan penyelesaiannya yang telah tercetak 6.000 buku dengan 800 halaman telah tersebar luas di seluruh penjuru tanah air, perguruan tinggi negeri/swasta, perpustakaan nasional, Polda seluruh tanah air, MA, MK dll namun juga sampai ke luar negeri, Belanda, Universitas Leiden, Australia, dll.

Selain itu, BPR Kanti dan MDA Bali telah menandatangani MoU saat Pesamuhan Agung IV Majelis Desa Adat Bali 2023, pada 26 Agustus 2023. BPR Kanti memberikan penghargaan terbaik 1, 2 dan 3 bagi Desa Adat di setiap Kabupaten/Kota yang dapat menyelesaikan kasus terbanyak di wilayah adat masing-masing sehingga ada 27 desa adat yang mendapatkan penghargaan terbaik 1, 2, dan 3 melalui "MDA Kanti Kerta Bali Nugrah 2023" "Kami juga meningkatkan kapasitas Kelembagaan Pemerintahan Desa Adat, khususnya penyelesaian perkara adat/wicara di Desa Adat melalui kegiatan Training of Trainer (TOT) yang dilaksanakan oleh MDA Provinsi Bali," katanya.

Para penerima "MDA Kanti Kerta Bali Nugraha 2023". (Foto/ist)

 

Lanjut Amitaba, BPR Kanti sebagai community bank dan institusi CSR juga berkewajiban untuk memperkuat pariwisata adat dan budaya, dengan memperkuat prajuru adat sebagai tameng terakhir Bali ajeg, tidak disibukkan persoalan adat dan antarkrama sehingga karyawan bisa fokus bekerja, yang pengusaha usahanya maju sehingga butuh tambahan modal kerja dan ada BPR Kanti yang siap menerima tabungan maupun menyediakan modal usaha. 

Terbaru, BPR Kanti juga bekerjasama dengan yayasan ‘’Mangku Wayan Pendet Nyuh Kuning Ubud’’ dalam melaksanakan pelatihan “Menata Perkawanan Sebelum Perkawinan” sebagai bentuk memperkuat ekonomi Bali melalui pelatihan semacam kursus pranikah.

Sementara untuk desa adat, BPR Kanti kembali meluncurkan buku ‘‘Mengenal Hukum Adat Bali‘‘ karya Prof. Dr. Wayan. P. Windia, S.H., M.Si, penyerahan award kepada Kepala Kejaksaan Negeri Denpasar sebagai Jaksa Pelopor di Wilayah Hukum Kota Denpasar, award kepada I Gusti Ketut Anom Suardana Perbekel Desa Sumerta Kelod, atas dukungan di luar tugas pokoknya sebagai Perbekel kepada penegak hukum Kejaksaan Negeri Denpasar dalam penyelesaian permasalahan hukum.

‘‘Kami ingin BPR Kanti terus memperkuat pondasi dasar sebagaimana khitohnya BPR sebagai community bank dimana BPR Kanti selalu ada, bermakna dan bermanfaat,‘‘ tandas. 

Perwakilan KSU Jujur asal Manguntur Batubulan Gianyar menerima secara simbolis kunci hadiah utama mobil Fortuner VRZ 2.8 AT GR Sport Diesel. (Foto/ist)

 

Pada pengundian tabungan ArisanKU, beragam hadiah diperebutkan seperti Sepeda Motor Listrik, Mobil Listrik Wuling Air EV serta hadiah utama Fortuner VRZ 2.8 AT GR Sport Diesel yang diraih oleh KSU Jujur asal Manguntur Batubulan Gianyar. (Pbm7)


TAGS :

Komentar