Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Wisuda Ke-93, Undiknas: Komitmen Peningkatkan SDGs dan International Standard

Rektor Undiknas, Prof. Dr. Ir. Nyoman Sri Subawa, S.T., S.Sos., M.M., IPM., ASEAN.Eng. (foto/ist)

Badung, PorosBali.com- Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) menggelar acara wisuda yang istimewa, dalam rangka meresmikan kelulusan mahasiswa strata-1 dan strata-2 dalam Wisuda Ke-93 Undiknas. Acara yang dilangsungkan di Mangupura Hall, The Westin Resort, Nusa Dua, Bali, ini juga menjadi moment penting dalam sejarah Universitas Pendidikan Nasional, dimana berlangsung pula agenda pengukuhan Dua Guru Besar Tetap Universitas Pendidikan Nasional atas nama Prof. Luh Putu Mahyuni, Ph.D., CMA., CSP dan Prof. Dr. Ida Ayu Oka Martini, S.E., M.M. Sebanyak 169 Wisudawan/wati yang berasal dari Program Studi Manajemen, Akuntansi, Ilmu Hukum, Ilmu Komunikasi, Ilmu Administrasi Negara, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknologi Informasi, Magister Manajemen, Magister Administrasi Publik, dan Magister Hukum secara resmi diwisuda pada momen bersejarah ini.


Rektor Undiknas, Prof. Dr. Ir. Nyoman Sri Subawa, S.T., S.Sos., M.M., IPM., ASEAN.Eng., menyampaikan pentingnya peran perguruan tinggi, khususnya Undiknas, dalam menciptakan generasi muda yang mampu menjadi agen perubahan, atau agent of producer yang berkontribusi positif terhadap masyarakat.
"Generasi muda sebagai agent of producer yang kreatif dan inovatif diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan untuk memberikan sumbangsih ide dan menerapkan konsep-konsep pembangunan berkelanjutan yang aplikatif dan berdayaguna," ungkap Prof. Sri Subawa.

Baca juga: PWI Aktifkan Lagi SJI, Siap Gencarkan Pelatihan Jurnalistik

Dalam hal ini, Undiknas telah berkomitmen kuat untuk mendukung tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) 2030, melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Prof. Sri Subawa menekankan bahwa Undiknas merangkul SDGs sebagai panduan dalam kegiatan akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Dalam bidang pendidikan, Undiknas mengimplementasikan program Merdeka Belajar Kampus
Merdeka (MBKM) untuk meningkatkan mobilitas dosen dan mahasiswa.


Program ini meliputi pertukaran dosen dan mahasiswa, transfer kredit nasional dan internasional, magang di dalam dan luar negeri, serta program MBKM lainnya. Dalam bidang penelitian, Undiknas mendorong kegiatan penelitian yang mendukung SDGs, inovatif, solutif, berbasis bukti, serta lintas disiplin. Selain itu, Undiknas juga melibatkan diri dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tujuan mendukung pencapaian 17 poin SDGs. Fokus pada program-program kemanusiaan dan proyek desa sebagai bagian dari program MBKM.
Undiknas tidak hanya berkomitmen untuk meraih keunggulan dalam tingkat nasional tetapi juga di tingkat internasional. Undiknas sedang mengupayakan kerja sama dengan universitas-universitas terkemuka, termasuk Mahidol University, yang saat ini menduduki peringkat 14 di kawasan Southeast Association (SEA) Rank 2024.

Baca juga: Selesaikan Masalah Sampah dan Pelestarian Lingkungan, Pj Gubernur Jajaki Kerja Sama dengan Inggris

Prof. Sri Subawa juga menyebutkan bahwa Undiknas saat ini sedang berbenah untuk memenuhi indikator pemeringkatan universitas terbaik dunia, seperti Academic Reputation, Employer Reputation, Faculty Student Ratio, Citation per Faculty, dan International Faculty and Students. Tantangan ini tidak mudah, tetapi Undiknas yakin dapat mencapainya melalui upaya bersama seluruh civitas akademika dan mitra kerja sama. Pada momen yang bersamaan dengan agenda wisuda ke-93 ini Undiknas juga telah secara resmi membuka dua
program studi baru yakni Program Studi Psikologi dan Program Studi Teknik Lingkungan program Strata Satu (S1) untuk terus dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan pendidikan yang berkualitas dan bermutu, hal ini berdasarkan SK KEMENDIKBUD RESTEK No. 803/E/O/2023.

Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) menggelar acara wisuda yang istimewa, dalam rangka meresmikan kelulusan mahasiswa strata-1 dan strata-2 dalam Wisuda Ke-93 Undiknas di Mangupura Hall, The Westin Resort, Nusa Dua, Bali. (Foto/ist)

 

Selanjutnya, ia menggarisbawahi pentingnya internasionalisasi dalam dunia pendidikan tinggi dan bagaimana Undiknas meresponsnya melalui berbagai inisiatif, termasuk program pendidikan internasional, website bilingual, program E-campus, dan peningkatan jumlah mahasiswa asing.

Prof. Sri Subawa menutup sambutannya dengan mengucapkan selamat kepada 169 wisudawan/wati yang akan melangkah ke dunia baru. Pihaknya mendorong para lulusan untuk menjadi problem solvers yang mampu memberikan kontribusi nyata pada masyarakat. (rls)


TAGS :

Komentar