Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Momentum HUT Ke-74 Koperasi, BPR Kanti Gelar MBG dan Gelontor Bantuan Rp74 Miliar

BPR Kanti menggelar Pendidikan dan pelatihan Micro Business Game (MBG) Sparkassentiftung Jerman bagi SDM Koperasi se-Bali

Gianyar, PorosBali.com- Serangkaian Peringatan HUT Ke-74 Koperasi Tahun ini, menjadi momentum bagi Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kanti meningkatkan kualitas SDM koperasi yang ada di Bali.

Bertempat di Aula SMA Negeri 1 Sukawati, Kamis (23/9/2021), BPR Kanti menggelar Pendidikan dan pelatihan Micro Business Game (MBG) Sparkassentiftung Jerman bagi SDM Koperasi se-Bali, serta menggelontorkan bantuan modal kerja bagi koperasi sebesar Rp 74 milyar. Pelatihan Micro Business Game (MBG) ini diikuti 112 peserta dari pengurus koperasi yang tersebar di Bali yang dilaksanakan secara bertahap.

Pada kesempatan ini BPR Kanti juga meluncurkan Tabungan Arisanku bersama Gema KUMKM Bali.

Acara ini dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Provinsi Bali, I Wayan Mardiana, mewakili Wakil Gubernur Bali, didampingi Direktur BPR Kanti I Made Arya Amitaba.

Diklat MBG German Sparkassenstiftung bagi SDM koperasi se-Bali, kata Amitaba, adalah pelatihan yang sangat interaktif untuk pengusaha mikro dan semua orang yang ingin belajar dalam praktik start-up dan usaha kecil lainnya.

“Pelatihan ini materinya memberikan pemahaman analisa maupun kredit laporan keuangan lewat permainan-permainan edukatif sehingga tidak membosankan,” jelas Amitaba.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali I Wayan Mardiana mengapresiasi inisiatif BPR Kanti dalam meningkatkan kualitas SDM koperasi melalui kegiatan MBG. Menurutnya, kegiatan seperti ini baru pertama kali diadakan di Bali, bahkan belum semua koperasi mengikutinya. 

"Kami berharap melalui kegiatan ini 5.000 lebih koperasi yang ada di Bali secara bertahap untuk mengikuti pelatihan MBG berikutnya," ujar Mardiana seraya mengatakan SDM koperasi akan mendapatkan keterampilan bisnis dasar dan pemahaman tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan bisnis. Selanjutnya memahami pengertian berpikir dan bertindak wirausaha.

Selain itu pihaknya juga mengapresiasi kepedulian BPR Kanti yang menggelontorkan bantuan modal kerja Rp74 milyar untuk Koperasi se-Bali. Alasannya, mengingat, koperasi sebagai penggerak perekonomian kerakyatan, koperasi serta para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Bali merasakan dampak  melemahnya pertumbuhan ekonomi Bali akibat Covid-19. 

"Akibat dari dampak tersebut Koperasi dan UMKM dihadapkan dengan persoalan serius, yakni koperasi di Bali menghadapi tiga persoalan serius.Persoalan pertama berkaitan dengan likuiditas, saat nasabah koperasi menarik simpanan atau tabungan di koperasi dalam jumlah besar maka koperasi akan kesulitan likuiditas," terangnya.

Untuk diketahui BPR Kanti menjadi salah satu dari 28 BPR di seluruh Indonesia yang mendapat dukungan dana dari salah satu bank umum sebesar Rp.5 triliun. Untuk tahun 2021 ini, BPR Kanti menyiapkan modal kerja untuk koperasi dengan total Rp.74 miliar dan saat ini sudah berlalu Rp10 miliar.

“Koperasi akan kita support, kita siapkan dana, sehingga koperasi bisa menyalurkan dana kepada anggotanya,” ujar Amitaba.

Acara diklat MBG diakhiri dengan pemotongan tumpeng serta penyerahan penghargaan kepada koperasi yang berprestasi serta launching Tabungan Arisanku Bersama Gema KUMKM Bali. (Pbm5)

 

 

 


TAGS :

Komentar