Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

FIB Unud Sambangi Lembaga Penelitian Prancis EFEO Jakarta

Dekan FIB Unud berkunjung ke Lembaga Penelitian Prancis Ecole Française D’Extrême-Orient (EFEO) Jakarta untuk memperluas jejaring kerja sama.

Badung, PorosBali.com-  Dekan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Udayana, Prof. Dr. Made Sri Satyawati, SS, M.Hum. didampingi oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan, I Nyoman Aryawibawa, SS, MA, Ph.D, Koodinator Unit Pengelola Informasi dan Kerja Sama (UPIKS), Novita Mulyana, SS, M.Hum. dan Sub-Koordinator Bagian Akademik dan Kerja Sama, I Gusti Ayu Puspawati, S.Sos., MH, mengunjungi Lembaga Penelitian Prancis Ecole Française D’Extrême-Orient (EFEO) Jakarta yang beralamat di Jalan Ampera III, Jakarta Selatan. Tujuan kunjungan ini adalah menjajaki potensi kerja sama di bidang akademik dan penelitian antara FIB Unud dengan EFEO Jakarta.

Kunjungan Dekan FIB Unud dan tim diterima langsung oleh Kepala EFEO Kantor Perwakilan Jakarta, Prof. Dr. Arlo Griffiths. Dalam diskusi yang dilaksanakan, Dekan FIB Unud menyatakan maksud kedatangan tim dan menerangkan potensi-potensi kerja sama yang bisa dilakukan antara kedua institusi.

Posisi FIB yang memiliki dua belas program studi di bidang bahasa dan budaya dirasa sangat potensial untuk bekerja sama dengan EFEO Jakarta yang bergerak di bidang penelitian budaya, khususnya budaya Indonesia. Kegiatan kerja sama yang ditawarkan FIB Unud antara lain berupa kegiatan akademik seperti pelaksanaan kuliah tamu, kegiatan penelitian dan publikasi bersama, serta program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Kepala EFEO Kantor Perwakilan Jakarta, Prof. Arlo menyambut baik usulan kerja sama yang ditawarkan FIB Unud karena usulan tersebut sejalan dengan visi misi instansi yang dipimpinnya. Prof Arlo menerangkan, EFEO merupakan lembaga penelitian Prancis yang menekankan pada penelitian lapangan dan kerja sama dengan rekan peneliti Asia.

Oleh sebab itu, kerja sama dengan FIB Unud dirasa akan sangat menguntungkan, tidak hanya bagi FIB tetapi bagi EFEO juga. Prof Arlo juga menyampaikan, EFEO memiliki sejumlah peneliti profesional di bidang bahasa Sansekerta, arkeologi, filologi, dan sejarah sehingga dirinya merasa yakin dapat mendukung implementasi kerja sama yang dicanangkan kedua belah pihak, baik kegiatan akademik maupun penelitian bersama. 

Kedua belah pihak sepakat untuk melanjutkan proses penjajakan kerja sama ini ke tahap lebih lanjut yakni penyusunan dokumen-dokumen kerja sama yang dibutuhkan. Keduanya berharap proses ini dapat berjalan lancar sehingga implementasi kerja sama bisa segera dilaksanakan. Kegiatan kunjungan FIB Unud ke EFEO Kantor Perwakilan Jakarta ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan berupa Prasi (lukisan pada daun lontar) dari Dekan FIB Unud kepada Kepala EFEO Kantor Perwakilan Jakarta. (pbm5)

Sumber: http://www.unud.ac.id

 


TAGS :

Komentar