Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Komang Arthana Raih Gelar Doktor di FEB Unud

Promovendus I Komang Arthana, SE., M.Si, Ak, CFrA dalam Ujian Promosi Doktor Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi yang berlangsung pada Jumat, 14 Juli 2023.

Badung, PorosBali.com-  Promovendus I Komang Arthana, SE., M.Si, Ak, CFrA dalam Ujian Promosi Doktor Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi yang berlangsung pada Jumat, 14 Juli 2023 memaparkan hasil penelitian disertasinya yang mengangkat topik “Pengelolaan Dana Desa Menuju Masyarakat Sejahtera pada Desa Perbatasan di Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur”. Keberhasilan suatu pengelolaan dana desa dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat dibutuhkan berbagai upaya serius, salah satunya dengan menemukan formula paradigma pembangunan yang tepat.

Dana Desa sebagai suatu sumber daya, sangat diharapkan akan memampukan desa untuk berdaya dan mandiri. Dana desa merupakan bentuk upaya pemerintah dalam melakukan pemerataan pembangunan dan pengentasan kemiskinan pada desa perbatasan di Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Promovendus menyatakan, penelitian disertasi ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh peran pemerintah desa, good governance dana desa dan modal sosial terhadap kinerja ekonomi desa, (2) pengaruh peran pemerintah desa, good governance dana desa, modal sosial dan kinerja ekonomi desa terhadap kesejahteraan masyarakat, (3) pengaruh kinerja ekonomi desa terhadap kesejahteraan masyarakat, (4) menganalisis pengaruh tidak langsung peran pemerintah desa, good governance dana desa dan modal sosial terhadap kesejahteraan masyarakat melalui kinerja ekonomi desa pada desa perbatasan, Kabupaten Belu Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Baca juga: TBM Janar Duta 2023 Gelar Seminar Nasional

Selanjutnya hasil penelitian menemukan bahwa: (1) Peran pemerintah desa berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja ekonomi desa, namun good governance dana desa dan modal sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja ekonomi desa; (2) Peran pemerintah desa berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat desa, namun good governance dana desa dan modal sosial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat desa; (3) Kinerja desa berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat desa, (4) Secara tidak langsung, peran pemerintah desa berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat desa melalui kinerja ekonomi desa namun, good governance dana desa dan modal social berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat desa melalui kinerja ekonomi desa.

Sidang Promosi Doktor ini dilaksanakan secara offline, Promotor dari Promovendus adalah Prof. Dr. Ni Nyoman Yuliarmi, SE, MP serta Kopromotor I Dr. Ni Putu Wiwin Setyari, SE, M.Si. dan Kopromotor II Dr. Ida Bagus Putu Purbadharmaja, SE, ME. Ujian Promosi Doktor dipimpin oleh Ketua Sidang yang pada kesempatan ini dipimpin oleh Koordinator Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi, Prof. Dr. Ni Nyoman Yuliarmi, SE, MP. Promovendus berprofesi sebagai tenaga pengajar di Universitas Mahasaraswati dan Universitas Nusa Cendana. Promovendus berhasil lulus ujian dengan predikat Sangat Memuaskan. (pbm5)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas3287-SIDANG-PROMOSI-DOKTOR-I-KOMANG-ARTHANA-S-E-M-Si-Ak-CFrA.html


TAGS :

Komentar