Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Wayan Sutrisna Sukses Raih Gelar Doktor di FEB Unud dengan Predikat Sangat Memuaskan

Promovendus I Wayan Sutrisna, S.Sos, M.Si dalam Sidang Promosi Doktor Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi yang berlangsung pada Senin, 17 Juli 2023.

Badung, PorosBali.com-  Promovendus I Wayan Sutrisna, S.Sos, M.Si dalam Sidang Promosi Doktor Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi yang berlangsung pada Senin, 17 Juli 2023 mengangkat topik “Pengaruh Good Governance dan Belanja Daerah Terhadap Kinerja Pembangunan Daerah dan Kesejahteraan Masyarakat di Provinsi Bali”. Dalam disertasinya, promovendus memaparkan, kesejahteraan masyarakat merupakan tujuan yang ingin dicapai oleh seluruh pemerintahan. Karena itu, pemerintah akan terus melaksanakan pembangunan secara berkelanjutan agar tercapai kesejahteraan bagi masyarakatnya.

Kebijakan desentralisasi merupakan salah satu kebijakan strategis yang bertujuan untuk mewujudkan pembangunan secara merata di seluruh wilayah Indonesia. Usaha pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat harus didukung dengan penerapan prinsip-prinsip good governance dan alokasi belanja daerah yang tepat sehingga kinerja pembangunan daerah meningkat.

Selanjutnya promovendus memaparkan hasil penelitian yang menemukan bahwa: 1) good governance berpengaruh positif dan signifikan terhadap belanja daerah; 2) good governance berpengaruh positif tapi tidak signifikan terhadap kinerja pembangunan daerah, sedangkan belanja daerah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pembangunan daerah; 3) good governance, belanja daerah dan kinerja pembangunan daerah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat; 4) good governance berpengaruh signifikan terhadap kinerja pembangunan daerah melalui belanja daerah; 5) good governance berpengaruh signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat melalui belanja daerah dan kinerja pembangunan daerah; dan 6) belanja daerah berpengaruh signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat melalui kinerja pembangunan daerah kabupaten/kota di Provinsi Bali.

Sidang Promosi Doktor ini dilaksanakan secara offline, promotor dari Promovendus adalah Prof. Dr. Nyoman Djinar Setiawina, SE, MS, serta Kopromotor I Prof. Dr. Made Suyana Utama, SE, MS dan Kopromotor II Prof. Dr. Ni Nyoman Yuliarmi, SE, MP. Ujian Promosi Doktor dipimpin oleh Ketua Sidang yang pada kesempatan ini dipimpin oleh Koordinator Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi Prof. Dr. Ni Nyoman Yuliarmi, SE, MP. Promovendus berprofesi sebagai tenaga pengajar di Universitas Mahendradatta dan juga selaku Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Canggu, Kuta Utara, Badung. Promovendus berhasil lulus ujian dengan predikat Sangat Memuaskan. (pbm5)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas3288-SIDANG-PROMOSI-DOKTOR-I-WAYAN-SUTRISNA-S-Sos-M-Si-.html

 


TAGS :

Komentar