Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Karya Pemelaspas Pura Kahyangan Dalem Ganda Mayu Bangli, Bupati Giri Prasta Tandatangani Prasasti

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri sekaligus melakukan penandatanganan prasasti serangkaian karya pemelaspas alit Pura Kahyangan Dalem Ganda Mayu, Banjar Brahmana Bukit, Kabupaten Bangli, Selasa (22/8).

Bangli., PorosBali.com-  Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri sekaligus melakukan penandatanganan prasasti serangkaian karya pemelaspas alit Pura Kahyangan Dalem Ganda Mayu, Banjar Brahmana Bukit, Kabupaten Bangli, Selasa (22/8). Turut mendampingi Bupati plt. Kepala Bapenda Badung Ni Putu Sukarini, Kepala BPKAD Ida Ayu Istri Yanti Agustin, Kabag Kesra I Putu Sudika, Kabag Prokompim Made Suardita, Prajuru Banjar Brahmana Bukit, tokoh masyarakat serta krama pengempon pura setempat.

Sebagai wujud dukungan Bupati menyerahkan bantuan pribadi Rp 20 juta kepada manggala Karya, Rp 5 juta kepada sekeha baleganjur, Rp 5 juta kepada sekeha gong dan kepada lima orang penari masing-masing Rp 500 ribu.

Dalam sembrama wacananya Bupati Giri Prasta mengajak seluruh krama untuk selalu ngerastiti bhakti kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa terutama kepada Ida Betara yang berstana di Pura Kahyangan Dalem Ganda Mayu ini, semoga Ida memberikan waranugrahanya kepada kita semua tatkala melaksanakan yadnya pada hari ini agar berjalan lancar dan labda karya. “Kehadiran saya di sini karena saya merasa mesemeton. Untuk itu saya hadir di sini untuk meringankan beban krama semua dan ini tidak ada kepentingan politik melainkan ini murni dari pikiran yang suci dan nirmala,” ucapnya.

Lebih lanjut disampaikan pihaknya merasa bangga karena krama sudah melaksanakan adat, tradisi, seni dan budaya sebagai contoh Tari Pendet yang pernah diakui oleh negara lain, sekarang Bangli sudah mampu menarikan tari sakral milik tanah kelahiran yaitu Bali yang kita cintai ini. Terkait bencana tanah longsor yang diakibatkan oleh alam yang ada di Pura Griya Sakti Bukit Bangli pihaknya berkomitmen tahun ini Pemkab Badung akan membantu Rp 3,7 miliar.

Baca juga: Doktor Ilmu Kedokteran Buktikan Potensi Ekstrak Umbi Ubi Jalar Ungu Dalam Penanganan Penyakit

“Ada program dari pusat oleh Presiden Jokowi turun, ada program dari provinsi juga turun, ada program dari Bupati Bangli turun dan ada program dari Bupati Badung juga turun untuk meringankan beban masyarakat Bangli karena apa yang masyarakat Bangli alami juga ikut saya rasakan. Untuk itu diharapkan untuk selalu bersatu dan menjalankan konsep Tri Hita Karana tiga sebab yang membuat kita jadi bahagia di antaranya hubungan manusia dengan tuhan, hubungan manusia dengan manusia dan hubungan manusia denga lingkungan.

“Sebagai contoh saya sebagai Bupati yang saya lakukan untuk mengimplementasikan konsep Tri Hita Karana adalah Paryangan pembangunan dan restorasi pura, bantuan pujawali terkait dengan hubungan manusia dengan Tuhan, pawongan hubungan manusia dengan manusia pendidikan gratis, kesehatan gratis dan palemahan hubungan manusia dengan lingkungan Gerakan Serentak (Gertak) Badung Bersih di wilayah Kabupaten Badung. Kalau kita sudah melaksanakan konsep tri hita karana otomatis Tuhan akan sayang kepada kita semua,” tutupnya.

Sementara Manggala Karya Ida bagus Ngurah Yasa menyampaikan rasa bahagia dan terima kasih kepada murdaning jagat Badung Giri Prasta yang sudah berkenan hadir serangkaian karya pemelaspas alit Pura Kahyangan Dalem Ganda Mayu.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih mewakili krama pengempon pura terkait dengan pembangunan pura sampai selesai. “Bupati Badung Giri Prasta sudah memberikan bantuan dana restorasi pura sebesar Rp 2 miliar. Mudah-mudahan Ida Sang Hyang Widhi Wasa Ida Sesuhunan yang berstana di Pura Dalem Ganda Mayu selalu memberikan kesehatan untuk kita semua dan khususnya untuk Bupati Badung agar selalu bisa hadir di tengah-tengah masyarakat,” ucapnya. (pbm2)


TAGS :

Komentar