Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Jaya Negara Buka Uma Palak Festival Kelurahan Peguyangan, Sekaligus Resmikan Inovasi “SIUMA”

Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara menbuka secara resmi Uma Palak Festival Tahun 2023 di Kawasan Ekowisata Subak Sembung, Kelurahan Peguyangan, Sabtu (22/9). (Foto/hms)

Denpasar, PorosBali.com- Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara menbuka secara resmi Uma Palak Festival Tahun 2023 yang ditandai dengan pelepasan burung merpati di Kawasan Ekowisata Subak Sembung, Kelurahan Peguyangan, Sabtu (22/9). Dalam kegiatan yang dirangkaikan dengan Hari Tani Nasional Tahun 2023, ini turut diresmikan Inovasi Suplai Energi Manajemen Irigrasi Uma Palak (SIUMA) yang ditandai dengan penandatangan prasasti dan penekanan tombol pemutaran mesin irigrasi.

Tampak hadir dalam kesempatan ini, Anggota DPR RI, I Gusti Agung Rai Wirajaya, Anggota DPRD Kota Denpasar, Wayan Sutama, Executive General Manager Regional Jatimbalinus, Dwi Puja Ariestya, Camat Denpasar Utara, I Wayan Yusswara, Lurah Peguyangan, I Gede Sudi Arcana beserta unsur terkait lainnya.

“Atas nama Pemerintah Kota Denpasar dan selaku walikota saya mengapresiasi sebesar-besarnya kepada PT. Pertamina karena sudah mensuport subak kami yakni Subak Uma Palak sebagai pelestari budaya khususnya di hari lingkungan melalui inovasi SIUMA”, demikian disampaikan Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara saat ditemui disela-sela kegiatan.

Baca juga: Bunda Literasi Kota Denpasar Tinjau Gebyar Literasi Kecamatan Denpasar Timur

Lebih lanjut dikatakan, seperti yang dilihat sepanjang jogging track ini, manfaat SIUMA dengan membantu aliran listrik untuk penerangannya dengan tenaga surya dan juga masih dioptimalkan program pengembalian air yang terbuang apabila air itu dibutuhkan oleh para petani disaat musim-musim kering. Melalui inovasi ini memungkinkan para petani saat musim kering tetap bercocok tanam, sebab air akan dialirkan ke sawah-sawah yang ada di sepanjang Subak Uma Palak ini, sehingga uktibilitas hasil pertaniannya itu masih bisa maksimal.

Sementara Lurah Peguyangan, I Gede Sudi Arcana mengatakan, Kelurahan Peguyangan melalui Komunitas Uma Palak Lestari yang bekerjasama dengan PT. Pertamina Patra Niaga DPPU Ngurah Rai menyelenggarakan Uma Palak Festival yang berfokus pada kegiatan pertanian khusus di Kelurahan Peguyangan yang memiliki Ekowisata Subak Sembung. 

Uma Palak Festival ini kata Sudi Arcana lebih berfokus pada kegiatan pertanian khusus di Kelurahan Peguyangan yang memiliki Ekowisata Subak Sembung. Dimana kegiatan Fetival ini dilaksanakan selama dua hari dari tanggal, 22 sampe 23 September 2023 dengan tajuk “Budaya Lestari Petani Berseri".

Kegiatan  ini juga melibatkan unsur Sekaa Teruna dan tentunya pengenalan pada unsur anak-anak dengan beberapa Lomba-Lomba yang akan diadakan seperti Lomba Fotografi kategori Umum, Lomba Bikin Lelakut (orang-orangan sawah) antar Remaja/STT se-Peguyangan, Lomba Fashion Show kategori SD & SMP, Lomba Tari Condong & Tari Baris kategori SD, Lomba Tari Margapati kategori SMP, Lomba Melukis tingkat SD & SMP, Lomba Mewarnai tingkat PAUD & TK, Lomba Memancing Ikan Lele dan Lomba Tangkap Belut.

Selain itu juga dimeriahkan dengan beberapa kegiatan diantaranya, Pameran Adenium, Talkshow (Pelestarian Subak dengan Konsep Wisata), Jalan Santai, Donor Darah serta Stand-stand UMKM, Produk Pertanian. (Pbm2).


TAGS :

Komentar