Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Buka Lomba Mancing, Agung Paramita Dewi (APD) ajak Generasi Muda Jaga Kelestarian Lingkungan 

Tokoh perempuan Kota Denpasar, Anak Agung Istri Paramita Dewi, S.M mengapresiasi lomba mancing yang diselenggarakan oleh Sekaa Teruna Yowana Mekar, Banjar Dualang, Desa Peguyangan Kaja, Kecamatan Denpasar Utara, Minggu (15/10/2023).  (Foto/ist)

Denpasar, PorosBali.com- Menjaga kelestarian alam dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya melalui kegiatan lomba mancing. Tokoh perempuan Kota Denpasar, Anak Agung Istri Paramita Dewi, S.M mengapresiasi lomba mancing yang diselenggarakan oleh Sekaa Teruna Yowana Mekar, Banjar Dualang, Desa Peguyangan Kaja, Kecamatan Denpasar Utara, Minggu (15/10/2023). 

"Selain dapat menjalankan hobi, tentu lomba mancing sekaligus turut serta melestarikan lingkungan alam beserta ekosistem yang ada di dalamnya," ujar Anak Agung Istri Paramita Dewi yang disapa APD usai pembukaan lomba mancing di Tukad Rarangan, Banjar Dualang. 

Anak Agung Istri Paramita Dewi (APD). (Foto/ist)

 

Lomba mancing, kata Caleg DPRD Provinsi Bali Dapil Kota Denpasar dari PDI Perjuangan Nomor Urut 6 ini, jika dilaksanakan secara rutin berarti kita turut menjaga ekosistem di aliran sungai. Oleh karena itu APD berharap penguatan aturan larangan meracun ikan di sungai. Hal ini penting di tengah pencemaran air sungai yang terjadi selama ini.

"Kalau bukan kita, siapa lagi. Kalau bukan sekarang, kapan lagi. Mari kita bersama-sama menjaga lingkungan kita khususnya sungai yang belakangan ini sudah banyak tercemar," jelas putri sulung anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, I Gusti Agung Rai Wirajaya (ARW).

Baca juga: Turunkan Angka Stunting, Agung Paramita Dewi (APD) Sebut Pentingnya Edukasi

Lebih lanjut APD mengatakan dengan adanya lomba mancing juga memotivasi peternak ikan khususnya lele untuk meningkatkan hasil budi dayanya. Selain itu, akan banyak muncul peternak ikan lele yang baru sehingga menggairahkan perekonomian masyarakat. 

"Dari sisi ekonomi lomba mancing menjadi sumber pendapatan baru masyarakat karena pemasaran hasil budi daya ikan lele bisa ditampung di lomba mancing," ujar tokoh perempuan yang getol menyuarakan stunting. 

Dari sisi pemberdayaan, kata APD, lomba mancing juga dapat memberdayakan anak muda atau milenial.

"Ini menjadi pembelajaran bagi anak muda memulai UMKM. Mereka mendapat pengalaman baru dari hal terkecil menjadi enterpreneur yang sukses," pungkas APD seraya berharap lomba mancing ini dilaksanakan berkelanjutan dan menjadi motivasi bagi sekaa teruna atau komunitas milenial yang lainnya untuk berkreasi. 

Hal senada diungkapkan Perbekel Desa Peguyangan Kaja, Made Parmita yang mengapresiasi Sekaa Teruna Yowana Mekar dalam memeriahkan perayaan  HUT ke-52. Ia menyebut lomba mancing merupakan kegiatan positif yang mesti didukung. 

"Kami Pemerintahan Desa Peguyangan Kaja, mengucapkan terima kasih. Acara seperti ini jika dilaksanakan oleh seluruh sekaa teruna berarti turut menjaga lingkungan. Ini bukti kita turut membuka mata air," terang Parmita. 

Melalui lomba mancing ini, pihaknya juga mengimbau masyarakat termasuk para peserta lomba untuk menjaga lingkungan danenjaga kebersihan. 

Harapannya, sungai yang ada di wilayah Desa Peguyangan Kaja tetap lestari,  karena pemerintahan desa tidak bisa sendiri mengingat keterbatasan.

"Ini mesti dilakukan bersama-sama. Selama ini sudah dijaga oleh masyarakat dan komunitas yang ada di Desa Peguyangan Kaja," tukasnya.

Sementara Ketua Panitia Lomba Mancing, Abdi Triana mengatakan lomba mancing ini sebagai wujud apresiasi kepada penghobi mancing serta silaturahmi antar pemancing.

"Ajang menambah pengetahuan, cara dan teknik memancing sekaligus menjaga kelestarian lingkungan," ucapnya dalam sambutan.

Baca juga: Tawaran Investasi dan Pinjol Marak, Rai Wirajaya Ingatkan 2L, OJK Imbau Ikuti yang Legal

Ia mengapresiasi Agung Paramita Dewi yang mensuport serta turut langsung membuka lomba mancing kali ini bersama anggota DPRD Kota Denpasar dari Fraksi PDI Perjuangan, I Wayan Sutama. 

"Kami sangat terbantu oleh APD yang mensuport kegiatan lomba mancing sehingga berjalan sukses," katanya.

Kegiatan lomba mancing serangkaian HUT Ke-52 Sekaa Teruna Yowana Mekar melibatkan 1.200 peserta lomba dengan hadiah utama satu unit sepeda motor listrik. Pembukaan lomba mancing dilaksanakan secara bersama oleh Agung Paramita Dewi, Wayan Sutama dan Made Parmita. (Pbm7)


TAGS :

Komentar