Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Tingkatkan Pengetahuan Petugas Damkarmat, Sekda Adi Arnawa Buka Diklat Pemadam I

Sekretaris Daerah I Wayan Adi Arnawa mewakili Bupati Badung membuka Diklat Pemadam I yang diselenggarakan oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Badung, bertempat di Ruang Kertha Gosana, Puspem Badung, Senin (23/10).

Badung, PorosBali.com-  Sekretaris Daerah I Wayan Adi Arnawa mewakili Bupati Badung membuka Diklat Pemadam I yang diselenggarakan oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Badung, bertempat di Ruang Kertha Gosana, Puspem Badung, Senin (23/10). Acara tersebut dihadiri Direktur Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Edy Suharmanto, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan I Wayan Wirya, serta para peserta Diklat Pemadam I.

Atas nama Pemkab Badung, Sekda Adi Arnawa memberikan apresiasi atas terlaksananya Diklat Pemadam I, yang diikuti oleh seluruh tenaga lapangan di lingkungan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Badung. Ia mengharapkan, para peserta dapat mengikuti diklat dengan sungguh-sungguh sehingga mampu meningkatkan pengetahuan, profesionalisme, transparan maupun kapasitas yang dimiliki. Selain itu, SDM yang andal harus pula diimbangi oleh kelengkapan sarana prasarana serta infrastruktur dalam menunjang kegiatan penanggulangan bahaya kebakaran.

“Atas nama Pemkab Badung kami sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan Diklat Pemadam I ini. Melalui diklat ini kami harapkan mampu meningkatkan pengetahuan peserta yang akan lebih memudahkan dalam penanggulangan musibah kebakaran. Saya melihat langkah yang dilakukan oleh Dinas Kebakaran dan Penyelamatan sangat tepat, dalam hal menyiapkan personel, SDM yang dimiliki, diimbangi dengan kapasitas dalam menangani bencana kebakaran di wilayah Badung,” jelasnya.

Baca juga: BKPSDM Badung Sosialisasi Penerapan Merit Melalui SIMALEN

Kadis Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan I Wayan Wirya menyampaikan, Diklat Pemadam I digelar dengan maksud agar peserta mampu melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai anggota pemadam kebakaran guna memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM) penanggulangan bencana kebakaran. Tujuan kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan dan kapasitas para petugas pemadam kebakaran, sehingga dapat membentuk karakter yang disiplin, kompeten dan profesional dalam melaksanakan tugas. Jumlah peserta Diklat Pemadam I berjumlah 80 orang.

Tenaga pengajar dalam Diklat Pemadam I ini dari Fasilitator Bina Adwil Kementerian Dalam Negeri RI. Diklat dibagi menjadi dua gelombang yakni gelombang I dilaksanakan selama 7 hari dengan jumlah peserta 40 orang, dimulai dari tanggal 23-29 Oktober di Hotel Made Bali. Untuk gelombang II, jumlah peserta 40 orang dari tanggal 6-12 November 2023.

“Materi yang akan disampaikan yakni, kebijakan nasional peningkatan kapasitas SDM Damkar dan Penyelamatan di daerah, proteksi kebakaran pada bangunan gedung, manajemen keselamatan kebakaran gedung, self contained breathing apparatus, perilaku api, alat pemadam api portable, formasi regu, pertolongan pertama pada kecelakaan, keselamatan petugas, peralatan kebakaran dan tenaga, tali temali, keselamatan petugas, peralatan kebakaran dan tenaga (praktik gelar gulung selang),” jelasnya. (pbm2)

 


TAGS :

Komentar